Pengertian Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Karyawan

pengertian asuransi kesehatan

Pengertian Asuransi kesehatan karyawan merupakan hal yang diperlukan oleh beberapa pembisnis untuk menjamin kesehatan karyawannya yang bekerja di perusahaan mereka. Asuransi kesehatan karyawan tersebut adalah program yang didesain untuk memberi rasa aman kepada para karyawan. Karyawan merupakan aset utama dan terutama bagi perusahaan karena karyawan adalah satu diantara aspek penentu berlangsungnya usaha yang digerakkan suatu korporasi. Oleh sebab itu, ketersediaan asuransi untuk karyawan merupakan suatu hal yang sangatlah utama untuk menghadapi resiko kesehatan karyawan. Oleh karena adanya asuransi ini, perusahaan dapat lebih berkosentrasi untuk menggerakkan usaha mereka tanpa mereka harus memikirkan beberapa hal sekaligus seperti kesehatan karyawan. Ada banyak contoh asuransi kesehatan karyawan diberbagai perusahaan asuransi baik itu milik swasta maupun milik pemerintah, namun tentunya semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari asuransi swasta maupun pemerintah?

Berikut perbedaan asuransi kesehatan  kesehatan swasta dan asuransi kesehatan pemerintah:

1. Asuransi Kesehatan Karyawan milik Negara

Asuransi Kesehatan milik Negara ialah BPJS, BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara jaminan sosial. Badan yang baru beoperasi pada awal tahun 2014 ini mempunyai beberapa keunggulan sehingga sangat diminati oleh berbagai perusahaan karena iuran bulanan yang ditawarkan terbilang murah. Untuk BPJS iuran yang dibayarkan untuk keluarga yang memiliki 3 anggota keluarga hanya perlu membayar Rp.180.000,00/Bulan untuk kelas 1 dan jika ia mengambil untuk kelas 3 mungkin akan lebih murah lagi. Namun, tentunya jaminan untuk setiap kelas akan berbeda-beda sesuai harga. BPJS juga tidak pernah membeda-bedakan seseorang dengan jenis kelamin, usia, ataupun merokok atau tidaknya.

BPJS kesehatan memiliki manfaat yang lebih lengkap bagi para pesertanya dibanding asuransi kesehatan Swasta seperti rawat jalan, rawat inap, perobatan Kehamilan dan melahirkan (Persalinan dengan operasi Caesar termasuk yang ditanggung), optic/kacamata. Memiliki berbagai macam keunggulan bukan berarti BPJS tidak memiliki kekurangan berikut berbagai macam kekurangan dari BPJS mempunyai proses yang panjang. Didalam BPJS dikenal dengan istilah sistem rujukan berjenjang. Dimana peserta harus dateng dahulu ke puskesmas atau dokter keluarga yang sudah ditunjuk oleh BPJS. Setelah jika dokter atau perawat setempat memberi ijin untuk dirujuk ke Rumah sakit tertentu baru peserta dapat dirujuk ke Rumah sakit tersebut, di BPJS peserta tidak dapat untuk menentukan ke rumah sakit tertentu. Selain itu, BPJS juga tidak mengganti biaya rumah sakit. Mengapa? Karena, BPJS tidak mengenal besar plafond sehingga rumah sakit dan BPJS sebenarnya sudah sepakat dari awal mengenai besaran tariff berdasarkan pada diagnose penyakit dan ketentuan tindakan serta obat yang mesti digunakan. Tarif yang ditentukan pun akan tetap apapun dan berapapun tindakan medis yang dilakukan, sistem ini disebut INA CBGs. Untuk mngurus BPJS pun kita harus perlu sabar untuk mengantri dan bersabar karena berbagai kalangan masyarakat akan mengurus untuk menjadi peserta BPJS, karena biaya preminya yang murah tersebutlah membuat BPJS ini menjadi idola.

2. Asuransi Kesehatan Karyawan Milik Swasta

Asuransi kesehatan yang terbilang cukup mahal bukan berarti tidak memiliki peminat, karena keunggulannya yang lebih dari BPJS asuransi ini pun memiliki berbagai macam pemina. Salah saut keunggulan dari asuransi kesehatan swasta ialah unggul dalam kecepatan, lebih mudah dan fleksibel dalam memilih rumah sakit. Pengobatannya juga lebih gampang prosesnya, karena asuransi ini menerima pengobatan secara cashless ataupun reimbursement. Sedangkan untuk kekurangannya, mempunyai manfaat yang lebih terbatas seperti tidak ada rawat jalan, kehamilan, gigi dan optik. Asuransi kesehatan swasta juga melarang adanya penyakit bawaan terutama untuk usia tua, premi lebih mahal. Namun, karena preminya yang mahal ini juga dapat menjadi keunggulan bagi asuransi kesehatan swasta ini. Dimana, para anggota tidak perlu membayar lagi biaya pengobatan yang cukup mahal karena adanya plafond yang membuat tidak perlu lagi membayar biaya, dimana jika di BPJS kita akan membayar lagi biaya pengobatan tersebut. Itulah yang membuat kita perlu ikut bergabung ke perusahaan asuransi ini agar kesehatan anda lebih terjamin.

Demikian, perbedaan dan pengertian asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan miliki pemerintah dan asuransi swasta. Siapa yang paling unggul ataupun yang terbaik merupakan pilihan anda sendiri dan anda yang menentukan. Namun, perlu anda ketahui apapun itu jaminan kesehatannya tetap akan bermanfaat bagi anda.

Baca juga artikel yang lain :
1. Pengertian dan fungsi asuransi kesehatan murni
2. Pengertian asuransi kesehatan untuk karyawan dan keluarga

Pencarian Terbaru:

  • makalah asuransi kesehatan untuk yang bekerja di perusahaan rokok

Leave a Comment