Perhitungan Rate OJK Asuransi Mobil

Setelah beberapa hari yang lalu saya membuat artikel tentang simulasi perhitungan premi asuransi mobil, kali ini saya coba membuat artikel tentang perhitungan rate ojk asuransi mobil yang bersumber dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Perhitungan Rate OJK Asuransi Mobil
Source : OJK & Asuransi

Walau sekarang ini sudah banyak orang-orang yang mengenal tentang asuransi untuk mobil, akan tetapi tidak sedikit pula mereka yang masih tidak mengerti bagaimana cara perhitungan premi asuransi mobil tersebut.

Banyak yang hanya menerima begitu saja, perhitungan harga premi yang di jelaskan oleh pihak asuransi. Banyak pula yang tidak mengerti bagaimana bisa, perhitungan tersebut di buat, dan apa tujuannya di buat adanya rate harga premi asuransi. Sebagai seorang calon pembeli asuransi, ada baiknya anda mencari tahu informasi tentang perhitungan premi tersebut dan bagaimana kebijakan perusahaan asuransi, sehingga bisa menentapakan harga premi tersebut.

Tentu, tujuannya agar tidak ada miskomunikasi atau kesalahpahaman antara anda dan pihak asuransi, agar anda pun tidak merasa tertipu. Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa premi asuransi khususnya mobil, ditentukan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Rate OJK asuransi mobil ini lah yang menentukan premi asuransi untuk kendaraan, ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk menentukan premi ini, yaitu usia, wilayah dan juga harga sebuah kendaraan.

Untuk usia suatu kendaraan OJK asuransi mobil menetapakan penambahan biaya premi untuk kendaraan yang berada diatas 5 tahun atau 10 tahun. Bagi mereka yang memiliki usia kendaraan diatas 5 tahun penambahan preminya sebanyak 5%.

Semua rate produk asuransi khusus mobil, OJK yang menetukan seperti paket All Risk, TLO dan jaminan perluasan. Anda bisa menanyakaan cara perhitungan preminya kepada pihak asuransi yang sedang anda gunakan.

Sedangkan untuk perhitungan premi ini adalah missal:

  • Anda punya mobil seharga Rp 150 juta yang berumur 6 tahun (Tambahan 5%, karena diatas 5 tahun)
  • Anda menggunakan paket All Risk dan ternyata anda tinggal di Surabaya (Asuransi yang anda pakai, menggunakan rate atas).

Maka perhitungan preminya adalah:

Rp 150.000.000 * (0,37% + 5%) = Rp 8.055.000,00/tahun

Itulah harga premi yang harus anda bayarkan, sedangkan harga pertanggungan yang bisa anda dapatkan bisa mencapai ratusan juta. Itu baru contoh dengan menggunakan rate atas, umumnya pihak asuransi mobil banyak yang menggunakan dibawah rate atas. Sehingga, pastinya harga asuransi yang harus anda bayarkan pertahunnya masih lebih murah lagi pastinya.

Sebenarnya, rate OJK asuransi mobil ini diadakan agar tidak merugikan orang lain ataupun pihak manapun. Misalnya, masyarakat tidak dibingungkan karena harga premi asuransi sangat mahal atau pihak asuransi tidak bisa membayar klaim karena harga yang telah ditetapkan oleh asuransi tersebut terlalu murah, sehingga mereka susah.

Dengan, dibuat ketetapan ini banyak yang akan diuntungkan, mungkin juga anda. Jadi, untuk anda yang ingin menggunakan sebuah asuransi ada baiknya anda mencari tahun perhitungan premi asuransi kendaraan.

Dan, anda juga harus memahami apakah perhitungan tersebut sesuai OJK asuransi mobil atau tidak. Memang masih banyak kekurangan dari segi penulisan artikel ini tapi setidaknya bisa membantu untuk yang sedang mencari informasi tentang Rate OJK Asuransi Mobil.

Leave a Comment