Ketahui Jenis dan Tipe Bangunan Asuransi Rumah Anda

Jenis Asuransi Rumah – Setiap asuransi pada dasarnya memiliki perbedaan, tergantung dari apa barang yang diasuransikan dan bagaimana kondisinya. Namun, untuk jenis asuransi rumah untuk properti, mau itu bangunan rumah, tempat bisnis atau kantor dan sebagainya, memiliki macam yang lebih beragam lagi. Sebelum Anda mengasuransikan rumah atau bangunan Anda, akan disuruh untuk memberikan detailnya terlebih dahulu seperti dimana lokasi bangunan tersebut berada, kegunaan bangunan (apakah itu untuk tempat tinggal atau tempat bisnis), berapa nilai bangunannya, serta berapa nilai isi bangunannya. Informasi tersebut akan berpengaruh terhadap daftar asuransi mana dan asuransi seperti apa yang akan ditawarkan.

Jenis bangunan ada beberapa macam, seperti yang sebelumnya telah disebutkan jenisnya: apakah bangunan tersebut untuk tempat tinggal, tempat bisnis, gudang, restoran, dan lain-lain. Selain itu akan dilihat pula bagaimana tipe bangunannya. Tipe bangunan dibagi menjadi dua yaitu tipe bangunan berdasarkan luas bangunannya dan tipe bangunan berdasarkan nama. Untuk tipe berdasarkan luas bangunan, ada yang bertipe 36, tipe 54, hingga tipe 60. Sedangkan untuk tipe bangunan berdasarkan nama, ada tipe minimalis, anggrek, dan sebagainya (khusus untuk bangunan rumah). Sedangkan untuk tempat bisnis seperti kantor bisa dilihat dari seperti apa bangunannya, gedung bertingkat atau tidak, terdiri dari berapa lantai, dan lain-lain.

Selain jenis dan tipe bangunan, Anda juga harus memperhatikan berapa nilai isi bangunannya (properti-properti di dalamnya), serta kestrategisan wilayahnya. Semua ini penting karena berhubungan dengan berapa kerugian yang Anda dapatkan seandainya sewaktu-waktu nanti terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui perbedaan jenis dan tipe bangunan tersebut, Anda sudah akan bisa mengetahui berapa harga premi yang harus Anda bayar jika menggunakan asuransi dengan mengeceknya di internet atau website portal asuransi. Harga premi yang akan rutin Anda bayarkan itu harusnya akan sudah bisa mencegah atau mengantisipasi kerugian finansial jika sewaktu-waktu bangunan Anda menghadapi ancaman seperti bencana alam (yang paling umum adalah banjir dan kebakaran), pencurian, dan lain-lain. Kerugian adalah pasti untuk orang yang mengalami bencana-bencana seperti itu, namun setidaknya mungkin Anda tidak akan merasa terlalu terpuruk jika Anda menggunakan asuransi karena kerugian Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi dan Anda bisa membangunnya kembali.

Cek 3 Tipe Rumah Dengan Asuransi Termahal

Tidak hanya bangunan yang memiliki berbagai macam jenis dan tipe, asuransi pun juga demikian. Untuk asuransi rumah, ada beberapa macam seperti Asuransi Properti Standar (yang hanya menanggung resiko-resiko fatal) dan Asuransi Rumah Untuk Properti All Risk (yang menanggung semua jenis resiko). Selain itu, ada juga Asuransi House Owner (yang hanya melindungi bangunan) dan Asuransi House Holder (yang hanya melindungi isi bangunan), namun demikian, ada juga asuransi yang menanggung bangunan berserta isi bangunan seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan Anda hanya perlu memilih apakah Anda ingin perlindungan mengenai yang paling beresiko saja atau semua resiko (Total Loss Only atau All Risk).

Leave a Comment