Critical Illness Salah Satu Pengecualian Asuransi Kesehatan

Selain pre existing, critical illness juga termasuk ke dalam pengecualian asuransi kesehatan. Sebelumnya perlu dijelaskan dulu di sini jika istilah pre exixting dalam asuransi kesehatan merupakan segala macam penyakit yang sudah ada pada diri si tertanggung asuransi sebelumnya, sebelum terdaftar atau menggunakan asuransi kesehatan. Misalnya, ketika si tertanggung asuransi ingin mengajukan klaim asuransi untuk pengobatan suatu penyakit yang termasuk ke dalam pre exixting atau sudah ada sebelum menggunakan asuransi kesehatan, dia tidak akan bisa mendapatkan pertanggungan asuransi. Kecuali untuk resiko penyakit atau kecelakaan yang baru ada setelah orang itu menggunakan asuransi. Contoh penyakit yang termasuk ke dalam pre existing yaitu semcam penyakit keras seperti kanker, tumor, dan sebagainya.

Lalu apa perbedaan pre existing dengan critical illness?

Telah disinggung di atas jika penyakit parah atau critical illness termasuk ke dalam penyakit pre existing, lalu apa perbedaan pre existing dengan critical illness sendiri? Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang khusus, hanya, waktu datangnya penyakit itu, apakah sesudah atau sebelum menggunakan asuransi?

Jika penyakit itu datang sebelum menggunakan asuransi, yang otomatis masuk ke dalam pre exixting, si tertanggung asuransi itu tidak bisa mendapatkan pertanggungan asuransi kecuali jika sudah melewati waiting period atau waktu tunggu yang kira-kira berjangka satu tahun. Namun, jika datangnya penyakit itu setelah menggunakan asuransi, maka penyakit yang tergolong critical illness atau penyakit parah itu sudah bisa langsung mendapatkan pertanggungan asuransi, asalkan polis asuransi Anda sudah memiliki jaminan critical illness.

Critical illness tidak termasuk ke dalam pertanggungan asuransi jika jaminan critical illness itu belum ditambahkan ke salam jaminan asuransinya. Ada beberapa asuransi yang hanya menyediakan jaminan rawat jalan dan rawat inap bahkan hanya rawt inap saja (tergantung paket dan harganya). Jaminan tambahan seperti jaminan atas penyakit kritis dan rawat gigi baru bisa didapatkan jika sudah menambahkan jaminan tersebut ke dalam paket, walaupun sudah ada asuransi kesehatan yang langsung memiliki jaminan tersebut di dalamnya.

Kesimpulannya adalah seperti ini: segala macam penyakit termasuk penyakit parah bisa mendapatkan pertanggunagan oleh perusahaan asuransi asalkan sejak awal jaminan penyakit kritis itu sudah terdapat dalam paket asuransi yang Anda punya, dan jika penyakit kritis tersebut sudah ada sebelum si tertanggung asuransi menggunakan asuransi, tertanggung asuransi perlu melalui yang namanya masa tunggu atau “waiting period” selama satu tahun.

Pengobatan untuk penyakit kritis pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi pada zaman sekarang ini. Selain biaya pengobatan yang mahal, penyakit kritis juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk pengobatan. Dan, bagaimana pun Anda membutuhkan pengobatan itu. Asuransi untuk kesehatan lah antisipasi terbaik bagi Anda yang takut tidak mempunyai biaya pengobatan di saat-saat yang penting.

Baca Juga : Pre Existing Termasuk Pengecualian Asuransi Kesehatan

Leave a Comment