Pre Existing

Pre Existing Termasuk Pengecualian Asuransi Kesehatan

Jika Anda mengunakan asuransi kesehatan, Anda terlebih dahulu harus mengetahui fakta jika asuransi kesehatan tidak bisa benar-benar mengcover resiko yang terjadi pada kesehatan Anda. Ada beberapa pengecualian yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi.  Termasuk di dalamnya adalah kondisi sakit pre exixting. Yang dimaksud dengan kondisi sakit pre existing yaitu jika sakit yang dialami sudah ada sebelum Anda menggunakan asuransi kesehatan. Misal: sebelum Anda menggunakan asuransi kesehatan, Anda sudah mempunyai penyakit itu, maka penyakit itu termasuk ke dalam pre existing. Meskipun demikian, biaya pertanggungan dari pihak asuransi masih bisa didapatkan setelah Anda melewati “waiting period” atau yang juga disebut dengan masa tunggu.

Lama waiting period atau masa tunggu ini sendiri biasanya adalah 1 tahun.

Jangka waktu yang disebutkan di atas adalah jangka waktu tunggu khusus untuk penyakit-penyakit yang termasuk ke dalam pre existing conditions. Sedangkan untuk resiko kesehatan yang tidak termasuk pre exixting, uang pertanggungan bisa langsung didapatkan segera setelah nasabah asuransi mengajukan klaim.

Contoh penyakit yang termasuk ke dalam pre existing adalah penyakit-penyakit yang pada umumnya kronis seperti kanker, tumor, magh kronis, diabetes, dan lain sebagainya. Tapi, seperti yang sudah dibilang sebelumnya, penyakit pre existing tersebut masih bisa mendapatkan pertanggungan asuransi setelah si tertanggung asuransi melewati masa tunggu yang pada umumnya adalah satu tahun itu.

Biaya pengobaan untuk semacam penyatit kritis atau kronis, seperti yang Anda tahu, cukup bisa menguras kocek karena pengobatan yang mahal dan juga harus dilakukan secara berkala atau secara rutin. Oleh karena itulah, bagaimana pun, adanya asuransi kesehatan akan sangat membantu seseorang yang membutuhkan penanganan kesehatan sepeti ini. Asuransi kesehatan bisa membantu seseorang untuk setidaknyua tidak memusingkan lagi masalah biaya.

Namun, semua juga tergantung harga. Semakin banyak jaminan yang diperoleh dari suatu asuransi maka sudah sewajarnya jika tingkat harga preminya menjadi semakin tinggi. Ada asuransi yang menyediakan jaminan untuk penyakit kritis, ada juga asuransi yang tidak menyediakan jaminan tersebut atau yang hanya memiliki jaminan rawat jalan dan rawat inap saja. Maka dari itu, pastikan sebelum Anda membeli asuransi bahwa jaminan kesehatan yang Anda mau sudah termasuk di dalam polis atau kontrak asuransinya. Asuransi dengan jaminan yang lebih lengkap tentunya membuat Anda bisa lebih merasa lega dari kemungkinan-kemungkinan resiko pada kesehatan.

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang beredar yang menandakan sudah semakin banyak pula masyarakat Indonesia yang menggunakan asuransi dan sadar akan betapa pentingnya asuransi. Meskipun angka pengguna asuransinya masih belum sebanyak negara-negara maju yang hampir setiap orang menggunakan asuransi dan bahkan satu orang bisa menggunakan lebih dari satu asuransi.

Baca Juga : Critical Illness Salah Satu Pengecualian Asuransi Kesehatan

Leave a Comment