Teknologi: Temanmu atau Musuhmu? Silahkan Disimak

Hampir lebih kurang dua minggu saya tidak memposting tentang artikel baik itu asuransi atau sejenisnya, Nah artikel kali ini saya buat karena melihat dari perkembangan dan juga konflik yang hampir minggu minggu ini disebabkan karena media teknologi yang mungkin disalahgunakan oleh beberapa orang disimak bareng bareng yah, jangan lupa dishare apabila artikel ini menurut pembaca bermanfaat.

Di zaman modern sekarang ini, teknologi sudah sangat dekat dengan kehidupan manusia. Manusia seakan-akan tidak bisa lepas dari teknologi atau bisa dibilang tidak ada hari tanpa (penggunaan) teknologi. Teknologi yang dimaksud di sini bisa dari berbagai macam aspek kehidupan, mulai dari pangan, sandang, hingga papan. Pertanian menggunakan teknologi, pertambangan menggunakan teknologi, kesehatan menggunakan teknologi, komunikasi juga menggunakan teknologi.

Menurut (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia atau, teknologi adalah “metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis”. Maka, penggunaan teknologi untuk setiap aspek dalam kehidupan itu pada dasarnya adalah untuk mempermudah kehidupan manusia. Contoh: dalam pertanian dan pertambangan, teknologi membantu pengolahannya, dan dalam komunikasi, teknologi juga membantu kemudahannya. Tanpa teknologi, kita mungkin tidak bisa berkomunikasi jarak jauh dengan mudah seperti sekarang, dan masih menggunakan metode tradisional seperti surat-menyurat. Oleh karena itulah, teknologi menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. But, technology also either a blessing or a cursing.

Blessing dengan sederet keuntungan seperti yang telah saya sebutkan di atas. Tapi cursing, kenapa? Karena sekarang, manusia juga seakan menjadi sangat ketergantungan dengan teknologi, terutama teknologi yang berhubungan dengan informasi dan komunikasi. Tidak mungkin Anda bisa menemukan seseorang yang tidak kenal komputer, internet, handphone dan sebagainya itu, karena barang-barang itu lah yang sehari-harinya digunakan.

Teknologi pada dasarnya dibuat untuk mempermudah segala aspek kehidupan manusia. Teknologi memang manfaatnya sangat banyak bagi kehidupan, tapi bukan berarti sama sekali tidak ada dampak negatifnya. Coba Anda pikir-pikir sekarang, apa dampak negatifnya?

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, dampak negatif dari teknologi adalah menyebabkan ketergantungan dan yang namanya ketergantungan itu tidak pernah baik. Lihat saja lingkungan sekitar Anda, di lorong-lorong kereta, di transportasi-transportasi umum, di sekolah, bahkan di kelasnya (ketika jam pelajaran berlangsung), teknologi seperti handphone itu tetap tidak bisa lepas.

Lalu, apakah teknologi itu merupakan teman Anda atau musuh Anda?

Untuk menjawab pertanyaan itu, sebenarnya tergantung dari sikap Anda sendiri, terhadap bagaimana Anda menganggap peran teknologi dan bagaimana Anda menggunakannya. Teknologi adalah teman Anda jika Anda menggunakannya dengan baik dan sesuai pada tempatnya, tapi teknologi adalah musuh Anda jika Anda tidak menggunakannya tepat pada tempatnya.

Bagaimanapun, kita memang tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi kita kehidupan harus selalu berjalan maju bukannya berjalan mundur. Seburuk-buruk apapun dampak negatif dari teknologi, tidak mungkin bagi manusia untuk melepaskan atau menghancurkannya. Asalkan penggunaan teknologi itu bisa dikendallikan, terutama untuk hal-hal yang baik, teknologi adalah teman Anda: teman yang tidak boleh ditinggalkan. Gunakanlah teknologi dengan bijak dan sebaik mungkin.

Whether technology is your foe or your friend, it’s your own choice!

Leave a Comment