Samsat Logo

Tata Cara Perpanjang STNK & Ganti Plat Nomor

Pagi itu 18 September 2017 pukul 08:00 dengen berpakaian rapi + pake sepatu ku pacu sepedah motorku untuk menuju ke salah satu samsat yang ada di tengah tengah ibukota, samsat jakarta-pusat yang terletak di jalan Gunung Sahari No. 13 niat nya pagi ini saya ingin menunaikan kewajiban saya sebagai warga negara indonesia yang baik membayar pajak motor kendaraan roda dua saya.

Sampai disamsat karena tahun ini saya harus mengganti plat nomor motor, saya ikuti setiap prosesnya bermodalkan pengetahuan baca baca dari internet kali ini coba saya bagikan apa yang saya alami dari setiap proses perpanjangan STNK & ganti plat nomor yang saya jalankan.

Pas masuk samsat bertuliskan banner gede banget “Kalo Bisa Jalan Sendiri Kenapa Harus Pakai Calo” oke siapa takut. (Kadang suka mikir gini udah jauh jauh jalan ke samsat kalo harus make calo juga ngapain mening duduk manis aja di rumah sekalian pake biro jasa) sebelum masuk ke tahapan apa saja yang harus di lakukan perlu Anda tahu terlebih dahulu, kendaraan Anda yang ingin di perpanjang dan ganti plat nomor harus di bawa yah, satu lagi sebelum lanjut ke proses tahapannya dilengkapi dulu yah berkas di bawah ini.

Berikut berkas-berkas yang wajib dilengkapi & dibawa pada saat perpanjang STNK & ganti plat :

  1. KTP nama yang bersangkutan sesuai dengan kendaraan.
  2. BPKB Asli bukan copy-an
  3. STNK yang ingin diperpanjang
  4. Kendaraan Fisik nya
  5. Kartu Keluarga (daripada disuruh balik lagi mening di bawa aja fotocopy juga gpp)

Tahapan Proses Perpanjangan STNK & Ganti Plat Nomor.

#1 Pendaftaran gesek no rangka & mesin motor

Step pertama ialah antri untuk ambil lembar geser no rangka & no mesin di loket pendaftaran cek fisik, posisi loket pendafataran cek fisik samsat jakarta pusat & jakarta utara berada di belakang samsat deket dengan masjid, nah untuk Anda disamsat lain sebaiknya tanya pada petugas yang ada disekeliling Anda posisi loket cek fisik sebelah mana.

Cek Fisik Samsat Jakarta Pusat

#2 Cek fisik kendaraan

Step kedua setelah dapat lembar gesek cek fisik no rangka & no mesin bawa kendaraan Anda ke tempat cek fisik biasanya jaraknya tidak berjauhan dari loket pendaftarannya nanti dibantu petugas cek fisik untuk melakukan proses kedua ini.

#3 Ambil formulir perpanjangan STNK

Step ketiga bagian ini adalah yang cukup membuat saya menjadi orang sabar, mengambil formulir pada loket pendaftaran pengambilan formulir STNK, jangan malu bertanya pada petugas daripada nanti salah loket mening tanya pada petugas, isi seluruh bagian formulir yang Anda sudah ambil disini yang saya bilang harus sabar (*banyak banget yang harus diisi). Tapi tenang kaga diwaktuin ko kaya ujian nasional jadi saran saya santai saja mengisi formulir ini.

#4 Foto copy berkas

Step keempat foto copy semua berkas yang Anda bawa dan lampirkan diformulir yang sudah Anda isi dengan lengkap berikut juga dengan formulir kertas gesek no rangka & no kendaraan, saran saya fotocopy di area samsat saja karena biasanya meraka tanya *untuk apa pak perpanjang, ganti plat, balik nama atau sejenisnya, mereka sudah tahu apa saja yang harus dicopy cukup kasih saja formulir yang sudah kita isi lengkap dan berkas berkas kita, nanti biar abang atau mpo fotocopy nya yang ngatur. #biaya copy kurang lebih 5000 rupiah

#5 Masukan berkas ke bagian penerimaan berkas

Step kelima setelah fotocopy masukan berkas kita kebagian penerimaan berkas biasanya posisi nya sama seperti pada saat kita ambil formulir pendaftaran STNK, siapakan BPKB asli Anda karena biasanya akan ditanyakan bapak petugas yang terima berkas Anda untuk mencocokan kebenaran berkas Anda (*BPKB asli Anda akan dikembalikan disini jadi pastikan Anda terima kembali BPKB Anda). Cari tempat duduk untuk menunggu nama Anda dipanggil. (siapakan game kesuakaan Anda karena disini akan membutuhkan waktu yang cukup lama 30 – 60 bahkan sampe 90 menit).

#6 Pembayaran pajak dikasir Bank DKI

Step keenam setelah menunggu lama akhirnya nama saya dipanggil juga cek kembali benar atau tidak itu nama Anda dan bener kendaraan Anda, karena sering kali disini karena sudah menunggu terlalu lama banyak yang salah ambil, justru malah punya orang yang dibayarakan makanya disini sangat diwajibkan untuk tenang dan cek bener tidak nya berkas tersebut milik kendaraan Anda, kalau sudah benar cek nominal yang Anda harus bayarkan cukupkah uang Anda untuk membayarkannya, bagi Anda yang mimiliki kartu debit Bank DKI sekarang kasir samsat sudah menyediakan pembayaran debit Bank DKI atau kartu debit yang berlogokan Prima.

#7 Ambil STNK Anda

Step ketujuh setelah melakukan pembayaran simpan struk pembayaran dan Anda harus menunggu kembali nama Anda dipanggil diloket pengambilan STNK jangan jauh-jauh dari loket karena proses ini tidak lama siapkan struk pembayaran Anda karena pasti ditanyakan pada saat nama Anda dipanggil di loket ini. Setelah STNK yang baru sudah diperpanjang dikasih oleh petugas cek kembali kebenaran STNK nya sudah sesuaikah dengan nama, plat nomor dan jenis kendaraan Anda disini juga KTP asli dikembalikan.

#8 Ambil TNKB / Plat Nomor Baru

Step kedelapan merupakan step terakhir yang saya jalankan, cukup sulit menemukan loket TNKB samsat jakarta pusat kerena memang posisinya di belakang kalo tidak nanya petugas dipastikan kaga ketemu jadi sebaiknya tanya pada petugas loket Pengambilan TNKB sebelah mana. Masukan kembali struk pembayaran Anda di loket ini gunanya untuk mencetak TNKB/Plat nomor baru kendaraan Anda, sekitar 15 menit menunggu akhirnya nama saya dipanggil wah senang rasanya TNKB/Plat nomor baru sudah ditangan.

Itulah beberapa tahapan untuk perpanjangan STNK sekaligus ganti Plat nomor/TNKB yang hari ini saya lakukan tak sempat melihat jam tak lama kemudian adzan dzuhur berkumandang alhamdullilah, jadi kurang lebih proses ini saya jalankan 3 jam. Oh iya untuk Anda yang hanya perpanjang pajak saja cukup dari step 3 sampai step 7 saja yang Anda jalankan.

Yang perlu diingat dari setiap proses ini adalah Surat-surat dan kendaraan Anda sesuai dengan KTP Anda karena #Update terbaru memakai SIM sudah tidak bisa, semua sesuai dengan NIK KTP.

Udah itu aja kepanjangan jadi ceritanya, semoga bermanfaat bagi yang membaca mohon maaf kalo ada step yang kelewat tapi seinget saya udah semua, saran dan masukan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Leave a Comment