Tata Cara Perpanjang STNK & Ganti Plat Nomor

Pagi itu 18 September 2017 pukul 08:00 dengen berpakaian rapi + pake sepatu ku pacu sepedah motorku untuk menuju ke salah satu samsat yang ada di tengah tengah ibukota, samsat jakarta-pusat yang terletak di jalan Gunung Sahari No. 13 niat nya pagi ini saya ingin menunaikan kewajiban saya sebagai warga negara indonesia yang baik membayar pajak motor kendaraan roda dua saya.

Sampai disamsat karena tahun ini saya harus mengganti plat nomor motor, saya ikuti setiap prosesnya bermodalkan pengetahuan baca baca dari internet kali ini coba saya bagikan apa yang saya alami dari setiap proses perpanjangan STNK & ganti plat nomor yang saya jalankan.

Pas masuk samsat bertuliskan banner gede banget “Kalo Bisa Jalan Sendiri Kenapa Harus Pakai Calo” oke siapa takut. (Kadang suka mikir gini udah jauh jauh jalan ke samsat kalo harus make calo juga ngapain mening duduk manis aja di rumah sekalian pake biro jasa) sebelum masuk ke tahapan apa saja yang harus di lakukan perlu Anda tahu terlebih dahulu, kendaraan Anda yang ingin di perpanjang dan ganti plat nomor harus di bawa yah, satu lagi sebelum lanjut ke proses tahapannya dilengkapi dulu yah berkas di bawah ini.

Berikut Syarat berkas-berkas yang wajib dilengkapi & dibawa pada saat perpanjang STNK & ganti plat :

  1. KTP nama yang bersangkutan sesuai dengan kendaraan.
  2. BPKB Asli bukan copy-an
  3. STNK yang ingin diperpanjang
  4. Kendaraan Fisik nya
  5. Kartu Keluarga (daripada disuruh balik lagi mening di bawa aja fotocopy juga gpp)

Tahapan Proses Perpanjangan STNK & Ganti Plat Nomor.

#1 Pendaftaran gesek no rangka & mesin motor

Step pertama ialah antri untuk ambil lembar geser no rangka & no mesin di loket pendaftaran cek fisik, posisi loket pendafataran cek fisik samsat jakarta pusat & jakarta utara berada di belakang samsat deket dengan masjid, nah untuk Anda disamsat lain sebaiknya tanya pada petugas yang ada disekeliling Anda posisi loket cek fisik sebelah mana.

Cek Fisik Samsat Jakarta Pusat

#2 Cek fisik kendaraan

Step kedua setelah dapat lembar gesek cek fisik no rangka & no mesin bawa kendaraan Anda ke tempat cek fisik biasanya jaraknya tidak berjauhan dari loket pendaftarannya nanti dibantu petugas cek fisik untuk melakukan proses kedua ini.

#3 Ambil formulir perpanjangan STNK

Step ketiga bagian ini adalah yang cukup membuat saya menjadi orang sabar, mengambil formulir pada loket pendaftaran pengambilan formulir STNK, jangan malu bertanya pada petugas daripada nanti salah loket mening tanya pada petugas, isi seluruh bagian formulir yang Anda sudah ambil disini yang saya bilang harus sabar (*banyak banget yang harus diisi). Tapi tenang kaga diwaktuin ko kaya ujian nasional jadi saran saya santai saja mengisi formulir ini.

#4 Foto copy berkas

Step keempat foto copy semua berkas yang Anda bawa dan lampirkan diformulir yang sudah Anda isi dengan lengkap berikut juga dengan formulir kertas gesek no rangka & no kendaraan, saran saya fotocopy di area samsat saja karena biasanya meraka tanya *untuk apa pak perpanjang, ganti plat, balik nama atau sejenisnya, mereka sudah tahu apa saja yang harus dicopy cukup kasih saja formulir yang sudah kita isi lengkap dan berkas berkas kita, nanti biar abang atau mpo fotocopy nya yang ngatur. #biaya copy kurang lebih 5000 rupiah

#5 Masukan berkas ke bagian penerimaan berkas

Step kelima setelah fotocopy masukan berkas kita kebagian penerimaan berkas biasanya posisi nya sama seperti pada saat kita ambil formulir pendaftaran STNK, siapakan BPKB asli Anda karena biasanya akan ditanyakan bapak petugas yang terima berkas Anda untuk mencocokan kebenaran berkas Anda (*BPKB asli Anda akan dikembalikan disini jadi pastikan Anda terima kembali BPKB Anda). Cari tempat duduk untuk menunggu nama Anda dipanggil. (siapakan game kesuakaan Anda karena disini akan membutuhkan waktu yang cukup lama 30 – 60 bahkan sampe 90 menit).

#6 Pembayaran pajak dikasir Bank DKI

Step keenam setelah menunggu lama akhirnya nama saya dipanggil juga cek kembali benar atau tidak itu nama Anda dan bener kendaraan Anda, karena sering kali disini karena sudah menunggu terlalu lama banyak yang salah ambil, justru malah punya orang yang dibayarakan makanya disini sangat diwajibkan untuk tenang dan cek bener tidak nya berkas tersebut milik kendaraan Anda, kalau sudah benar cek nominal yang Anda harus bayarkan cukupkah uang Anda untuk membayarkannya, bagi Anda yang mimiliki kartu debit Bank DKI sekarang kasir samsat sudah menyediakan pembayaran debit Bank DKI atau kartu debit yang berlogokan Prima.

#7 Ambil STNK Anda

Step ketujuh setelah melakukan pembayaran simpan struk pembayaran dan Anda harus menunggu kembali nama Anda dipanggil diloket pengambilan STNK jangan jauh-jauh dari loket karena proses ini tidak lama siapkan struk pembayaran Anda karena pasti ditanyakan pada saat nama Anda dipanggil di loket ini. Setelah STNK yang baru sudah diperpanjang dikasih oleh petugas cek kembali kebenaran STNK nya sudah sesuaikah dengan nama, plat nomor dan jenis kendaraan Anda disini juga KTP asli dikembalikan.

#8 Ambil TNKB / Plat Nomor Baru

Step kedelapan merupakan step terakhir yang saya jalankan, cukup sulit menemukan loket TNKB samsat jakarta pusat kerena memang posisinya di belakang kalo tidak nanya petugas dipastikan kaga ketemu jadi sebaiknya tanya pada petugas loket Pengambilan TNKB sebelah mana. Masukan kembali struk pembayaran Anda di loket ini gunanya untuk mencetak TNKB/Plat nomor baru kendaraan Anda, sekitar 15 menit menunggu akhirnya nama saya dipanggil wah senang rasanya TNKB/Plat nomor baru sudah ditangan.

Itulah beberapa tahapan untuk perpanjangan STNK sekaligus ganti Plat nomor/TNKB yang hari ini saya lakukan tak sempat melihat jam tak lama kemudian adzan dzuhur berkumandang alhamdullilah, jadi kurang lebih proses ini saya jalankan 3 jam. Oh iya untuk Anda yang hanya perpanjang pajak saja cukup dari step 3 sampai step 7 saja yang Anda jalankan.

Yang perlu diingat dari setiap proses ini adalah Surat-surat dan kendaraan Anda sesuai dengan KTP Anda karena #Update terbaru memakai SIM sudah tidak bisa, semua sesuai dengan NIK KTP.

Udah itu aja kepanjangan jadi ceritanya, semoga bermanfaat bagi yang membaca mohon maaf kalo ada step yang kelewat tapi seinget saya udah semua, saran dan masukan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Sebelum bertanya silahkan dibaca komentar dibawah ini terlebih dahulu yah siapa tau pertanyaanya sudah pernah saya jawab, soal nya hampir dari beberapa pertanyaan sama.

Pencarian Terbaru:

  • biaya ganti plat motor 2018
  • biaya ganti plat motor
  • syarat ganti plat motor
  • syarat perpanjang stnk
  • Syarat ganti plat
  • ganti plat motor
  • perpanjang stnk
  • persyaratan ganti plat motor
  • https://www rizamkusfandi web id/2017/09/cara-perpanjang-stnk-ganti-plat-nomor/#!
  • cara ganti plat motor

Praktisi SEO, Blogger Indonesia sejak tahun 2015 dan baru di akhir tahun 2016 memulai Internet Marketing.

298 thoughts on “Tata Cara Perpanjang STNK & Ganti Plat Nomor

    • Misi saya mau tanya . Saya mau bayar pajak sama ganti plat tapi motor tdk saya bawa apakah bisa?
      Terus kan saya mau bayar pajaknya tahun 2017nya telat terus mau saya bayar 2tahun sama tahun 2018.
      Jadi bayar pajaknya 2Tahun+ ganti plat kalau di stnk untuk biayanya rp 700 untuk 1tahun kalau 2 tahun brp ya sama ganti plat…trimaksih

      • Halo mas Iksand, wah syarat nya kendaraan fisik haru di bawa mas kalo ganti plat, soal nya harus di gesek no rangka dan no mesin, kalo perhitungannya cukup biaya stnk dan biaya plat aja mas yang di liat nya bukan keseluruhan yang di stnk.

    • Halo mas gun, wah lagi itu lupa mas abis nya berapa soal nya motor saya honda beat kurang lebih kaga sampe 400 ribu se kemarin, untuk lebih jelas nya cek di stnk mas ada biaya biaya nya.

    • Halo mba della, kemarin kurang lebih 350 ribu mba, untuk jelas nya bisa di cek di STNK masing masing mba ada ko jelas untuk biaya biaya nya. Soal nya tiap tiap motor beda beda

    • Halo mas cleo, saya dateng jam 8 an di samsat, pulang sampe rumah pas adzan dzuhur kurang lebih 5 jam an mas. yang lama itu ngantri KIR motor nya mas selebih nya cepat

      • Mas admin…. plat nomer sy mati nanti bln Agustus… kalo sy urus bulan Juli apakah bisa?… ada yg bilang kalo mati Agustus jg harus diurus bln Agustus…. mengurus/ganti plat nomer yg 5 thn yg saya maksud…. bukan hanya pajak tp juga ganti plat…

        • halo mba lidya, bisa ko mba, diperpanjang di bulan juli nya, coba dateng langsung ke samsat aja mba untuk jelas nya, sekalian bawa kendaraan dan persyaratannya.

  1. pajak saya nati 4 tahun
    dan bulan ini harus ganti plat nomer.
    yg saya tanyakan berpakah biayanya
    nb: motor saya supra x125. th 2013
    pajak yg tertera total 224.000
    mohon infonya
    terimakasih

    • kalo untuk perhitungan dende atau pajak nya bapak bisa dateng langsung ke samsat biasanya ada pusat informasi, bisa tanyakan disitu pak. Saya sifatnya hanya berbagi pengalaman saja.

  2. Pak mau tnya , sya tdi baru perpajang stnk dan plat no tetapi bayarnya bisa sampai 900rb lebih, padahal pajak sya blm terlambat, saya minta bukti pembayaran di kasir tapi bilangnya nnti ada rinciannya waktu stnk sudah jadi,tetapi waktu saya lihat trnyata tdk ada rincian untuk pmbayaran plat no.nya.
    Tolong minta info/pnjlasan untuk bayar pajak th skrg.

    • Halo mba ariestha kalo boleh tau motor nya apa yah, karena setau saya pajak kendaraan sesuai dengan motor yang kita miliki, biasanya biaya lebih mahal karena pajak progresif atau kendaraan yang dimiliki lebih dari satu dalam satu kartu keluarga.

    • Halo mba tika sepertinya harus di bawa BPKB asli deh untuk perpanjang ataupun ganti plat, untuk info lebih lanjutnya silahkan ditanyakan di samsat terdekat.

  3. Mo nanya mas, saya mo byr pajak mobil skalian mo gnti plat tp org yang punya kendaraan gak ikut…ktp aslinya saya bawa tp org tsb udah pndah rmh…gak sesuai dengan yg di stnknya lagi.apa bisa mas..?

  4. Hallo Admin
    Saya kredit motor honda beat dari perusahaan tempat saya bekerja dengan tenor 5 tahun….
    Waktu itu persyaratanya harus punya KTP DKI…nah akhirnya saya buat KTP DKI tetapi bukan e-KTP.Dan akhirnya keluar juga motor tersebut…
    Untuk pertama kali pajak tahun pertama berhasil saya bayarkan di samsat Mall Artha Gading begitu juga untuk tahun kedua dan ketiga semuanya pajak motor bisa dibayarkan sesuai prosedur…tapi ketika saya mau membayar pajak yang ke empat (2017) tidak bisa dikarenakan ktp saya bukan e-KTP.Akhirnya saya ulur pajak motor sampai 2018 agar sekalian pajak 5 tahunan(ganti plat baru)…

    Yang saya mau tanyakan adalah bagaimana prosedur ketika saya mau membayar pajak motor yg tahun ke 4 beserta denda nya dan bayar pajak tahun ke 5(ganti plat) sementara KTP saya belum e-KTP dan saya tetap tidak mau merubah e-KTP menjadi DKI…
    Solusinya gimana..soalnya niat saya motor tersebut mau saya balik nama menjadi plat kampung saya sesuai e-KTP kampung saya yg berlaku…jadi saya harus menyelesaikan pajak ke 4 dan ke 5 dulu di DKI.Tapi akankah mudah prosedurnya sementara KTP masih belum elektrik…

    Terima Kasih

    • Hallo mas wah panjang juga yah pertanyaannya tapi gapapa coba saya jawab yah mas, kesimpulannya jika mas ingin balik nama ke e-ktp kampung mas bisa langsung saja mas di samsat kampung mas nanti bisa sekaliam di hitungkan oleh petugas samsat yang disana, karena setau saya persyaratan perpanjang motor atau ganti plat sekarang harus sesuai dengan e-ktp dan Kartu keluarga, semoga terjawab yah mas jika ingin lebih jelas nya mas bisa ke samsat terdekat untuk meminta informasi lebih jelas nya.

  5. mas mau tanya kalo stnk dan tnkb sudah mati dari mei 2015 dan telat bayar pajak 4 tahun kira kira biayanya berapa ya? dan cara mengurusnya gimana?
    dan bpkb, stnk atas nama bibi saya kalau saya urus cuma bawa ktp dan kartu keluarga bibi saya aja tanpa bibi saya ikut apakah bisa? terima kasih
    mohon infonya

    • Untuk perhitungan biaya pajak nya silahkan cek dan tanya langsung di samsat terdekat aja yah. nah kalo untuk urus perpanjangnya bisa siapa saja yang penting ada KTP,KK,BPKB dan kendaraan fisik yang sesuai. jangan lupa di lengkapi dengan surat kuasa yang di ttd langsung pemilik nama kendaraannya di kasih materai 6000.

    • Halo mas tabrani, perpanjang motor atau ganti plat dimana saja bisa pak. yang penting ada KTP, KK, BPKB dan kendaraan fisik yang sesuai.

    • Halo pak amin, kalo untuk motor pertama biasanya memang tidak diminta untuk cek KK nya se. biasanya untuk kendraan ke dua baru di cek sesuai atau tidak dengan KK nya

    • Halo mas Firman setau saya BPKB hanya di cek kesamaannya saja pak pada saat di loket tidak ditahan apalagi sampe 2 bulan.

  6. Hlo mas nirfan..mu tanya dikit nih
    Gmna caranya byr pjk mobil skalian ganti plat
    Tapi kendaran ada diluar pulau..mkash sbelumnya.

  7. .mu tanya dikit nih mass..
    Gmna caranya byr pjk mobil skalian ganti plat dn pake foto copy ktp pemilik pertama
    Tapi kendaran ada diluar pulau..mkash sbelumnya.

    • Halo mas sarno, syarat untuk perpanjang dan ganti plat harus ada kendaraan fisik nya mas, kalo tidak ada setau saya tidak bisa.

  8. Mau nanya nih.9.bila setelah pembayaran ganti plat nomer di samsat, kenapa bpkb harus diambil di polres dua bulan lagi..?, trimaksih.

    • Halo mas ali, BPKB harus nya langsung di kembalikan mas, BPKB hanya untuk pencocokan di loket saja. tidak sampe di tahan.

  9. Mas.. Mau nanya, motor aku, untuk pajak tahunannya 172rb..
    Kira” kalau mau perpanjang stnk dan plat nomor, harus nambah uang brp lagi ya?
    Trims..

    • Halo mas Nurcholsi untuk biaya dan yang lainnya sebaik nya di tanyakan pada saat di samsat nya mas atau mas bisa lihat di kolom pembayaran di stnk mas biaya pajak dan tnkb itu di totalin aja mas.

  10. Mas saya mau tanya nih kenapa ganti plat. Bpkb saya harus di tinggal ya, itu sudah berbulan bulan loh mas. Memangnya seperti itu ya gak bisa di ambil gitu bpkbnya. Bukankah ganti plat tidak harus ganti bpkb.

    • Halo mba noni, bener banget mba ganti plat nomor saja tidak sampe menahan BPKB, jika seperti itu sebaiknya di tanyakan lagi saja mba ke pihak samsat nya.

    • Halo cicio, mau balik nama yah, yang ini persyaratannya cukup bawa KTP dan KK atas nama pemilik baru nya aja, tapi yang ini agak ribet sedikit soal nya harus rubah BPKB dan yang lainnya. untuk lebih jelas nya coba tanyakan langsung ke samsat deh untuk proses nya. Klo persyaratannya sama aja se

  11. Mau nnya mas. Saya beli motor dari org lain, ini mau ganti plat sama bpkb tp nama di stnk atas nama pemilik yang lama. Tp saya punya foto copy ktp nya aja. Gmn mas, bisa??

    • Halo mas dodi, nga bisa mas harus KTP asli dari nama pemilik motor nya dan dilengkapi dengan kartu keluarga untuk di cek pajak progresif nya. baik nya sekalian di balik nama aja mas biar kedepannya lebih enak.

  12. Selamat pagi mas mau nnya kalo misalkan stnk atas nama adik sy 1 kk apa harus melampirkan surat kuasa juga?? Krna dia sbuk kerja jd sy yg mau bayar pajak nya dan ganti kaleng.

    • Halo mas gilang, tetep perlu surat kuasa mas soal nya atas nama adik mas bukan mas, sekalipun itu satu kk harus melampirkan surat kuasa nya.

  13. Hallo,,, mas saya pngn nanya….saya hbs kena 800ribu utk jasa pengurusan ganti plat baru SaMA pajak trus jadinya gk sampai 3hari udah jadi…apa benar kena segitu…kok mahal padahal itu sepeda motor Mio j yg CC.nya cuma kecil…gk smpew cc 115

  14. Hallo,,, mas saya pngn nanya….saya hbs kena 800ribu utk jasa pengurusan ganti plat baru SaMA pajak trus jadinya gk sampai 3hari udah jadi…apa benar kena segitu…kok mahal padahal itu sepeda motor Mio j yg CC.nya cuma kecil…gk smpew cc 115…pengurusannya jg udh trpnuhi persyaratan nya KK dan KTP asli….ngrusnya di bank swasta

    • Halo mas arief, kalo melalui bank swasta saya kurang tau mas, lebih baik urus di samsat langsung nya saja mas atau mobil samsat. selebihnya saya kurang tau.

    • Halo mas afan, sudah ditentukan mas biasanya untuk TNKB nya, atau lebih jelas nya mas bisa ke samsat terdekat langsung untuk menanyakannya.

    • Halo mas agus lana, untuk biaya total nya bisa di lihat di STNK nya langsung mas bisa di cek di nominal nya, untuk denda biasa 50,000 mas. Itu setau saya

  15. Mau tanya mas..
    Saya mau pajak motor sekalian ganti plat, syaratnya kan harus cek fisik, nah kalo motor tersebut tidak standart apakah bisa diproses?

  16. Min, saya mau bayar pajak mobil 2tahun dan ganti nomor, karena skrg nomornya cuma 3 angka. Saya dapet info kalo 3 angka itu skrg dianggap plat nomor khusus, makanya saya mau ganti jadi 4 angka, biar gak mahal.
    Prosedurnya gmn ya min…

  17. Selamat siang admin, mau tanya nehh motor sy kan plat daerah yaa, trus sy tinggal di Depok. Nahh untuk samsat online / samsat Depok bisa gag yaa kalo buat ganti plat motor daerah / sy harus ngurus di daerah tempat dimana kota STNK sy berasal.?

  18. Saya baru saja membayar pajak+ganti plat nomor
    Yang saya bertanya-tanya ko’ administrasi nya tidak sesuai sama di STNK
    Di STNK tertera 230.000
    Tp saya suruh bayar 460.000 saya sempat bengong ko gede banget
    Saya melihat juga uang yang saya kasih dimasukkan ke kantongnya petugas yang nanganin saya ..

    • Halo mas rukhan, jumlah yang mas bayarkan sesuai nga dengan jumlah yang tertera di kwuitansi pembayarannya. harus nya semua sekarang transfaran mas setiap samsat.

  19. Hallo mimin.. Numpang tanya donk.. Klo motor atas nama abang saya tp dianya lg gak ada bisa kah sya yg urus prpanjang stnk nya?? Mohon info nya trimakasih..

    • Halo yunata, boleh diurus oleh orang lain, yang penting dilampirkan surat kuasa tanda tangan di atas materai atas nama pemilik kendaraannya yah, memberi kuasa kepada org yng akan mengurus nya.

  20. salam. mas kalo ganti kaleng dan bayar pajak dikota lqin tapi sama2 platnya f bisa ga ya?
    dan pake bpkb potocopiannya

    • Halo dede, untuk perpanjang bisa dimana saja, yang penting persyaratannya sudah dilengkapi semua yah. BPKB harus asli yah.

  21. maaf saya mau nanya, ada biaya utk ambil formulir ga?, ada biaya utk cek fisik kendaraan ga?, berapa biaya ganti plat nomor?, apakah plat nomor baru langsung jadi atau masih nunggu dan kita harus balik lg ke samsat?kendaraan saya ini motor vixion 2013.

    • Halo mas iwan, formulir gratis mas, cek fisik juga gratis, biaya ganti plat nomor mas bisa dilat di STNK nya tertera biaya tnkb, plat nomor nya sekarang langsung bisa ditunggu mas.

    • Halo mas galih, tidak bisa mas tetap harus pake KTP pemilik motor nya, atau minta dikirimkan aja mas ktp nya pake jasa pengiriman.

  22. Halo mas. Saya mau tanya, saya kan mau ganti plat kan. Tapi ktp gak ada mas dan orangnya sudah meninggal. Jdi apa bsa ngurusnya atau tidak ya mas??

    • Halo lea, yang ini saya belum pernah denger deh, coba biar jelas nya ke samsat langsung aja bawa surat kematian dan KTP org yang bersangkutan

  23. Klo motor nya atas nama orng tua tapi yg bisa jalan buat perpanjang stnk+plat nomer nya cuma saya, orng tua nggk bisa.
    Dan saya sekarang tinggal di tanggerang, udah lain wilayah, sementara plat motor saya (A) Pandeglang Banten.

    Mohon petunjuk nya Admin

    Terimakasih

    • Halo mas anwar, bisa mas untuk perpanjang stnk + ganti plat sekarang bisa di samsat mana saja asalkan berkas nya jelas mas, karena mas yang jalan jadi mas perlu surat kuasa dari atas nama motor tersebut ttd di atas materai.

    • Syarat utama perpanjang stnk sesuai yang saya kasih tau di tulisan ini yah mas digdyo, ini sesuai pengalaman yang saya pribadi ketika perpanjang dan ganti plat motor saya.

  24. Mau nanya. Sy mau beli mokas. Ypi bingung soal pajaknya.. mobil thn 2012. Tpi di stnk tertera ganti kalengnya thn 2021.. harusnya kan 5 thn + 5 thn jdi 2022.. trims

    • Halo mas huda, seperti nya ada salah dalam penginputannya mas, sebaik nya saya sarankan mas ke samsat langsung untuk menanyakan prihal ini.

  25. Terima kasih,Bermanfaat sekali Postingnya..
    Intinya Total Biaya resminya itu,
    Biaya yang biasa kita keluarkan bayar Pajak Tahunan(PKB) + Beli Kaleng Plat + kertas STNK baru..
    Waktu cek fisik kita perlu kasih uang rokok gak mas??
    Trus definisi standard itu selama No.Rangka dan Nomer Mesin tidak pindah tempat kan ya? Soalnya motor sy variasi Accecories, lampu stang velg dll..

    • Iya benar mas untuk biaya nya dilihat dari situ, untuk cek fisik di ada biaya mas alias free selebihnya dari itu lebih ke kebijakan kita aja se karena sudah di bantu menggesek kendaraan kita, yup bener standar itu no rangka dan no mesin sesuai mas.

  26. Saya mau bayar pajak 5 tahunan untuk motor saya. Kebetulan kmren beli bekas. Nah fotokopi ktp pemilik tidak di ikut sertakan pas serah terima kendaraan. Kebetulan juga yang punya dulu sudah meninggal dunia. Apakah tetep bisa saya bayarkan pajak motor tersebut tanpa ada ktp sesuai nama stnk? Jika tidak hal lain apa yg perlu saya siapkan ? Terimakasih mohon dijawab

    • Halo mas fajar, setau saya harus ada KTP pemilik asli nya pak karena sekarang sudah sesusai dengan KK perhitungan pajak progresif, saran saya sebaiknya mas balik nama atas nama keluarga mas saja untuk mempermudah proses nya, kalo tidak salah biaya balik nama nga terlalu mahal mas.

  27. Apakah STNK nya langsung jadi hari itu juga pak? karena saya baca dari sumber lain katanya harus nunggu 15 hari kerja . terima kasih

    • Halo mas yusradi, wah mah kalo untuk pajak motor nya saya nga terlalu hafal, mungkin mas bisa tanya tanya di beberapa forum megapro indonesia mas untuk pajak tahun 2008 berapa.

  28. Numpang nanya gan, kalau hari sabtu/minggu bisa kgk yak ganti plat Δαη pajak Δι samsat ??? Atau harus hari2 kerja.??

  29. Hi admin yang baik. mau tanya dong.. sy kan beli motor dari orglain dan sekarang saya kehilangan kontak dia.. intinya saya tidak ada ktp atau surat kuasa pemilik asli, kalau saya mau balik nama atau perpanjang pajak & kaleng itu gimana ya.. boleh tidak kalau hanya ktp dan kk saya? mohon sarannya bang ini harus bagaimana 🙂 Terimakasih 🙂

  30. .kalauu bpkbnya adaaa dii leasinggg apaaa bisaaa dij gantii platnya ?? Bulannn meii inii sayaaa harusss gantii plat ..

    • Halo pak ruslan, bisa pak silahkan bapak ke leasing nya untuk meminta surat pertnyaan bpkb masih di leasing.

  31. Maaf mas, untuk persyaratan berkasnya. kalo ktp yg bersngkutannya ftocopy an bisa kan? Dsni sya mau byarin + gnti plat mtor pnya bpak sya?Trimaksh sblumnya

    • Halo mas andri, harus ada ktp asli bapak nya yah mas, dan surat kuasa yang dibuat ayah mas untuk mas selaku org yang melakukan perpanjangan dan ganti plat.

  32. mas saya mau perpanjang pajak sama ganti plat juga , saya kan beli motor sama deller pinggiran waktu itu saya beli gk dikasih fotocopy ktp si pemilik pertama , nah kalo gk ada ktp si pemilik pertama bisa gk ya ?

    • Halo mba novi, sebaiknya saya sarankan untuk langsung di balik nama atas nama mba atau keluarga mba saja, untuk mempermudah proses nya. karena jika tidak ada ktp pemilik nya tidak bisa di perpanjang.

  33. klo ktp tidak sama alamatnya dgn stnkb bisa tidak pak? krna kmaren saya pindah tempat jd ktp alamatnya tdk sama dgn stnkb!!

    • halo triesalwa, bisa tapi harus urus pindah alamat yah ada ko loket nya di setiap samsat, untuk lebih jelas nya bisa ditanyakan ke petugas samsat nya yah.

  34. Mengikuti petunjuk dalam tulisan ini, pagi ini tgl. 2 Mei 18, sekitar jam 8.30 sy tiba di kantor samsat di Jl. Gn. Sahari, krn sdh baca tulisan ini maka lebih pd langsung ke belakang daftar diloket cek fisik lalu antri utk cek fisik kebetulan motor saya Yamaha MX thn 2008 , nomor rangka dibagian belakang dibawah jok jadi gampang gesek nya, nomor mesin dibawah juga mudah dijangkau nya selesai gesek masukan ke pendaftaran total waktu di sini sekitar 10 s/d 15 menit saja. Ada orang yg motor bebek nya agak tua petugas minta buka kap batangan nya, jadi klo motor2 tua yg no rangka nya agak sulit letaknya mgkn agak lama.
    Lanjut fotocopy, walaupun dari rumah sy sdh bawa fotocopy surat2 lengkap , penasaran saja , coba fotocopy disana ternyata banyak mesin nya, setelah fotocopy , petugas nya susun semua dokumen2 , lalu petugas nya juga mengisi form pendaftaran, di steples dgn susunan yg dibutuhkan cuma bayar Rp.5000, menurut saya layak lah bayar segitu gak repot2 isi form lagi. Sy biasa mengisi form kalau perpanjangan tahunan, isi lengkap dari atas sampai bawa, tapi petugas fotocopy ini isi form 1 baris di bagian atas dan 1 baris dibagian bawah saja hehee…
    Terus bawa ke bagian depan, masukin ke pendaftaran, tunggu sbentar lalu dipanggil utk bayar, slesai bayar tunggu lagi buat ambil stnk dan pajak nya, gak lama dipanggil. Disini skitar 15 s/d 20 menit. Lalu balik ke belakang loket cek fisik utk ambil plat baru, masukin ke loket gak sampai 10 menit sudah jadi plat baru nya. Jadi total waktu nya 1 jam kurang saja, gak nyangka padahal di tas sdh bawa makan dan minum utk siap2 klo hrs nunggu lama hehee..
    Ternyata sy perhatikan di setiap loket, terpampang komitmen petugas (SLA) nya setiap proses hanya butuh waktu 30 menit. Dan komitmen ini mereka penuhi dgn baik. Semoga komitmen pelayanan ini tetap dijaga dan ditingkatkan lagi.
    Terima kasih tulisan sebelumnya.

    • halo jowid, terima kasih juga sudah berbagi pengalamannya, saya harap semua orang yang membaca komentar ini mulai berani untuk urus setiap proses perpajakan sendiri. silahkan di share jika bermanfaat pak.

  35. mas minta infonya. kalau bayar pajak mobil ganti kaleng apa aja yg di bayar. masa mobil ayla pajaknya smpe 5jta. sya gak ngerti

    • halo mas redi, untuk biaya pajak mobil ayla jelas nya saya kurang tau se mas, mungkin mas bisa cek langsung ke samsat, kalo untuk biaya yang dibayarkan pajak, admin dan biaya tnkb.

  36. Maaf min mau nanya nih, motor saya platnya Sumatera barat, tapi saya skrang ada di Pekanbaru, bisa gak saya bayar pajak nya di samsat Pekanbaru??

    • Halo elsa fitria, bisa yah sekarang bisa perpanjang dimana saja yang penting persyaratannya lengkap semua yah.

      • Kalau ganti plat sama bayar pajak skli 5 thun juga bisa tuh min di pekanbaru kalau plat kita Sumatera barat??

    • halo rama, kalo sudah sama dan sesuai beserta persyaratannya tinggal ke samsat aja yah untuk perpanjang dan ganti plat.

  37. Pa kalo perpanjang STNK sama ganti PLAT NOMOR, terus bukan pake KTP/ KK atas nama pemilik motor nya apakah bisa? Atau bakal dipersulit?

    • Halo atta, tidak bisa yah semua harus sesuai dengan KTP/KK pemilik motor nya, jika tidak sesuai saya sarankan sebaiknya di balik nama saja agar lebih mempermudah proses selanjutnya.

  38. Halo mas

    Saya mau nanya,saya bulan ini mesti perpanjang 5 tahunan motor saya. Tahapan check fisiknya hanya gesek nomor aja ya mas? Nggak ada cek fisik mendetail kan ya soalnya motor saya modifikasi (ada lampu2 tambahan sama shock belakang saya tinggikan),itu nggak apa2 kan ya mas saya agak khawatir disitu soalnya hehe.

    Mohon jawabannya&makasih mas…

    • Halo budy, sejauh ini sepengetahuan saya cek fisik kendaraan hanya di gesek no rangka motor dan no mesin motor nya saja mas, perihal modifikasi sepertinya gapapa yang penting tidak merubah bentuk motor, contoh motor nya bebek atau mio tapi di rubah menjadi motor trial untuk sepertinya se yang saya ketahui. mungkin untuk lebih jelasnya langsung ke samsat aja mas tanyakan ke pak polisi nya langsung.

  39. pak mau tanya motor saya mati pajak + plat mati 4 thn itu syaratnya apakah pakai ktp pemiliknya atau tidak, soalnya saya tangan ke tiga . mohon keterangan pak

    • Halo Ahmad, saya sarankan untuk di balik nama langsung saja ke nama Anda, proses nya akan lebih mudah. Tpi mungkin biayanya cukup mahal.

    • Halo Ali, untuk proses ganti plat dan balik nama bisa dikerjakan dalam waktu satu hari yah, namun untuk perubahan nama di BPKB 15 Hari kerja itupun proses nya bukan di samsat yah, untuk DKI Jakarta di Polda Metro Jaya

  40. Halo mas, saya mau nanya.. apakah bisa memperpanjang stnk dan plat nomor sebelum waktunya, contoh plat nomor/stnk saya mati september 2018, sedangkan agustus saya sudah mulai kuliah di luar kota dan motor saya bawa keluar kota, jadi saya ingin memperpanjang sebulan sebelum mati, terima kasih

  41. Halo mz admin saya mau perpanjang plat tapi bpkb saya masih di BANK ,?
    sama bikin surat kuasa gimana caranya mz??

    • Halo faiz, bisa yah tinggal ke bank nya minta surat keterangan BPKB sebagai jaminan dan foto copy BPKB nya langsung. Surat kuasa bisa cari di google contoh nya yah

  42. Mau tanya mas. Saya mau perpanjang STNK & ganti PLAT NOMOR tanpa bawa kendaraan apakah bisa? tp no rangka&no mesin sudah saya gesek sendiri… soalnya posisi motor saya ada di kalbar,sedangkan motor saya plat jateng… tks

    • Halo mas, untuk hal seperti ini coba di tanyakan jelas nya ke samsat langsung mas, kebetulan belum pernah ada yang seperti ini mas. mungkin jika sudah bisa di update di commen ini lagi mas bisa atau tidak nya. terima kasih

  43. Maaf pak, mau tanya kalau mau ganti plat nomor genap menjadi ganjil gimana ya? Biaya2 nya kira2 brp?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Halo sandra, waduh kebetulan belum pernah ada yang seperti ini se, coba langsung di tanyakan ke samasat terkedat aja kalo gitu.

  44. sore mas,, saya mau tanya kalo ganti kaleng motor sama bayar pajak 1tahun berapa kira2??motor beat tahun 2013…saya coba tanya samsat cogreg 575ribu apa benar mas ??

    • Halo desi, untuk biaya nya bisa di cek langsung di stnk yah pada bagian, 1. PKB, 2. ADM STNK, 3. ADM TNKB. Nanti di totalin itu biaya nya yah.

  45. Ass.. admin saya mau tanya ni
    Saya mau bayar pajak mobil namun mobil bekas orang jadi apa yg harus saya siapkan.. rencana mau sekalian balik nama
    Skrng mobil sya pjak msh hidup kurang dari 1 bulan lgi mati. Sudah memasuki masa ganti plat nomer krna sudah 5 tahun. Jadi apa yang mesti saya siapkan ktp atas nama di stnk di pastikan ga ada. Karna uda lama beli .. oya ktp sya di wilayah kabupaten sedangkan almt di stnk almat kota ( masih satu daerah ) .. jadi untuk proses balik nama nya gimana ya .. apa ini termasuk dalm “MUTASI” kendaran..
    Tolong mas admin kasih saran ke saya mksh

    • Halo singgah, untuk persayaratan balik nama cukup dengan ktp asli yang ingin di pake di nama stnk yang baru yah tidak perlu ktp yang pemilik mobil pertamanya, selebih nya persyaratan sama seperti yang saya tuliskan di atas.

  46. Halo pak, aku kan ga ngerti kapan harus bayar pajak motor, terus stnk aku terakhir 29 mei 2018 ini, ganti plat nya pun bulan ini jatuh tempo nya. mau ga mau senin kan harus diproses tapi aku ga tau sama sekali prosedurnya dikeluarga kita cewe semua dan ga pada ngerti. baiknya gimana ya? aku juga takut prosesnya lama sedangkan senin aku ada jadwal kuliah.

    • Halo dewi, gmna sudah di proses atau belum, mohon maaf baru bisa merespon karena ada beberapa artikel yg haru saya selesaikan. Gini sekarang setiap proses di sampsat ini di batasi selama 30 menit, jadi kalo lebih dari 30 menit kita berhak tanya ke petugas lagi gapapa, perihal lama nya waktu, ditulisan ini sudah aku jelasin deh total waktu saya dari pertama jalan dari rumah sampe selesai kurang dari 4 jam artinya tidak makan waktu lama, asalkan semua berkas nya sudah terpenuhi atau sudah lengkap.

  47. Assalamualikum
    Mas mau tanya saya beli motor beat bekas tapi tidak ada kuitansi pembelian nya kebetulan bulan ini saya mau ganti plat sama balik nama apakah itu di pertanyakan

    • Walaikumsalam, tidak, petugas hanya menanyakan kelengkapan surat surat kendaraannya saja, tinggal di persiapkan aja berkas untuk balik nama nya.

  48. selamat siang pak jika saya ingin memperpanjang pajak dan ganti plat (MUTASI) sekalian balik nama kira” berapa biaya yang harus saya bayar ya pak?

    tipe motor GL125 thn1981
    pajak mati 15thn
    terimakasih pak

    • Siang, untuk total biayanya mohon maaf mas saya tidak bisa merincihkan, sebaiknya mas ke samsat langsung aja untuk menanyakannya, baru lah nanti mas melakukan proses nya, mohon maaf yah.

  49. Siang ka, saya mau tanya. Sy punya mtor mio teen yg pajak nya mau diperpanjang + ganti plat 06 18 ini. Mau tanya saya mesti urus mei ini atau bisa dibulan juni nya?

    Sama 1 lagi, saya bpkb asli masih di leasing blum diambil karna biaya blum ada. Apakah bisa pakai surat keterangan leasing yg blng bpkb msih disana dan ada ftocopy bpkb nya? Mohon dijawab ya ka, terimakasih

    • Siang, perpanjangnya bisa di bulan juni gpp yah asal jangan lewat dari tgl yang tertera di STNK nya, untuk bpkb yg masih di leasing bisa ko, tinggal minta surat keterangan dari leasing bpkb asli masih tertahan dan minta fotocopy bpkb nya langsung untuk di lampirkan.

  50. Mas jadi gini saya kan beli motor bekas tahun mtornya Itu 2013 tpi di Plat saya ko jdi 2021 Bukan nya klo pjak 5 tahunan Itu hrusnya Plat nya 2018 ya? Atau ada pengaruh lain? Mohon bntuan nya ya,

    • Motor tahun 2013 ganti plat 2021, silahkan di lihat mas untuk 2018 nya sudah lewat bulan dana tanggal nya juga atau belum, jika sudah lewat akan otomatis diperpanjang sekalian biasanya.

  51. siang pak motor saya alamat nya jakarta pusat..terus saya mau bayar pajak 5thn sekalian ganti plat di samsat jakarta barat bisa ngak ya??

  52. Saya mau nanya,
    Saya tadi ke samasat…bayar pajak 2 tahun sama ganti plat no….
    Nah yg layani polisi…
    Terakhir di hitung biaya keseluruhan 1576 ribu…jadi saya blg…mahal skali…
    Jdi saya minta rincian katax tdk ada..
    ,terakhir di bilang 1570 ribu,,eh habis itu dia kembalikan 40 ribu
    Jadi total sy bayar 1530ribu,pajak 456.900…
    Nah berarti biaya ganti plat motorx 1073ribu…
    Emangx biaya segitu ya…
    Motor saya revo,,thn buatan 2008

    • Untuk perihal biaya bisa di cek rincihannya yah yang tertera di STNK motor, atau mungkin mas kena pajak progresif dari satu kartu keluarga mas.

  53. Mas mau tanya. Misal pajak mtor dan ganti plat. Apakah harus bawa mtornya bwt di gesek rangka. Padhl mtornya lagi diluar pulau. Tidak bisa kah kita membeli kertas esek mesinya di biro jasa?mslhnya kalau minta di kantor samsat tdk dikasik

    • Halo, ganti plat salah satu syarat nya harus dibwa yah motor nya untuk keperluan gesek no rangka dan mesin, kalo pake biro jasa biasanya mereka udah nyediain sendiri se. kalo beli kertas gesek nya doang saya belum pernah coba se, dan sepertinya memang tidak bisa.

    • Halo, perpanjang atau ganti plat harus ada STNK asli yah, jika memang hilang silahkan di buat surat kehilangannya di kepolisian terdekat lalu di bawa ke samsat untuk ganti plat sekaligus penerbitan stnk hilang.

    • Halo, bisa mas silahkan dateng langsung saja ke leasing nya biasanya langsung di kasih copy bpkb dan juga surat keterangan BPKB masih di leasing.

    • cukup ke pihak bank nya saja mas, lalu minta surat pernyataan bpkb dijadikan jaminan agunan, habis itu minta copy bpkb nya, tapi biasanya pihak bank sudah tau se, mas cukup ke bank nya aja.

  54. Maaf mas mau tanya, kira kira masih bisakah memperpanjang plat kalo knalpot kendaraan saya sudah tidak ori? Apakah saya harus ganti knalpot dulu

    • Halo mas, setau saya untuk knalpot harus di rubah ori dulu mas, tapi biasanya kalo petugas nya nga terlalu detail bisa bisa aja se.

  55. Selamat sore.
    Mau tanya mas. saya mau pajeg 5 tahunan (ganti plat) itu kalau motor ga di bawa gimana mas? Soalnya motor di jakarta pajeg di jawa (kebumen).

    • kalo mau jalan sendiri tanpa biro jasa motor harus di bawa yah soal nya ada proses gesek no rangka dan mesin. jadi motor harus di bawa.

  56. Assalamualaikum pak admin, saya udh baca komentar dari atas sangat jelas, tapi yg mau saya tanyakan mau perpanjang STNK + Ganti plat nmr, tapu STNK hilang, saya sudah bikin suratbl kehilangnlan, dan BPKB saya sekolahin/digadaikan, apa bisa pake surat keterangan dari leasing??
    Terimakasih

    • Untuk poin STNK hilang surat kehilangnnya bisa di lampirkan pada saat ke samsat nya mas, untuk BPKB yang di leasing silahkan minta surat keteranganya ke leasing dan minta foto copy BPKB nya yah jangan lupa.

  57. hallo admin, saya mau bertanya bulan ini waktu nya perpanjang STNK dan ganti plat tetapi BPKB lgi di gadai jdi bisa tidak ku gunakan BPKB fotocopy berserta surat keterangan dri adira finance terima kasih

  58. halo mas admin, apa bener kl dengan SIM skrg udh tdk bisa? misal kondisi e-KTP masih berupa resi dan KTP sebelumnya udh tidak berlaku.
    trimakasih

    • Halo mas, bener banget mas sekarang semua menggunakan ktp tidak bisa lagi pake SIM dikarenakan adanya pajak progresif. sebaik nya dibawa saja resi ktp nya mas sepengetahuan saya bisa.

  59. Permisi saya mau tau, jika ingin ganti plat nomer atau perpanjang 5 tahunan hika STNK hilang harus bagaimana ya? apa harus ada STNK dahulu baru saya bisa perpanjang 5 tahunan? tolong bantu dijawab barangkali tau, terima kasih sebelumnya.

    • halo mas radit, stnk hilang harus dibuatkan surat pelaporan dulu mas di kantor polisi terdekat, nanti surat nya dibawa ke samsat dan di bantu untuk pencetakan ulang sekaligus ganti plat dan perpanjang 5 tahunan.

    • Halo tya, untuk biaya sudah tertera di STNK motor nya yah, bisa di lihat langsung, masing masing motor berbeda beda.

  60. Min saya mau nanya saya mau urus ganti plat tahunan sekalian perpanjang pajak tapi bpkb saya lagi dipegadaian, lalu kalau saya urus dgn fc bpkb bisa gk yah kira”?

    • Halo ady, foto copy bpkb nya yah lalu minta surat penyataan dari pegadaiannya bahwa bpkb motor nya sedang dijadikan jaminan. Biasa nya pihak pegadaian sudah tau ko.

  61. Kalau masalah saya complacated banget.
    1. BPKB Kendaraan terblokir gara2 beli second dn g langsung balik nama.
    2. STNK hilang dan tdk diperpanjang 2 th.
    3. Plat sudah mati 2 bulan
    3. KTP pemilik lama di krian, sementara KTP saya di Lamongan.
    Amazing.. gimana kalau kayak begini?

    • Halo wulan, permasalaan seperti ini baik nya di konsultasikan di kantor samsat nya langsung yah, karena saya belum pernah menemukan case seperti ini.

  62. mas, motor saya udh mau 5 tahun akhir juli ini, apakah saya bisa perpanjang stnk dan ganti plat di bekasi?? motor saya plat jakarta utara soalnya.. makasih mas

  63. Mau nanya pak saya mw perpanjang STNK dan ganti plat nomor tp bukan KTP saya alias belum balik nama saya tanya sama calo harganya 780rb . Daerah saya Pasuruan tp sepeda saya dari malang. Mohon pencerhannya

    • saran saya lebih baik di balik nama langsung saja mas, biar nanti kedepannya lebih mudah, jalan sendiri aja mas jangan pake calo.

  64. Saya mo ngurus ganti plat perpanjangan STNK 5 tahunan..
    Yg jadi masalah KTP asli saya ditahan 14 hari..Gimana Saya mo bepergian luar kota tuk nunjukkin KTP di bandara..

  65. Pak, mo tanya..Ngurus Perpanjangan STNK 5thunan / ganti plat no. Kendaraan..KTP asli kita mesti ditahan 2 minggu..Apa ga bisa cukup menunjukkan lalu difotocopy..trims Pak Admin.

  66. Pak mohon tanya… jika plat nomer sy mati bln Agustus nanti… bisakah sy mengurusnya sekarang(bln Juli)?…
    Plat nomer yg mati ya pak… bukan hanya pajak…

  67. Sangat membantu sekali tks.. oyaa sy mau nanya, klo gesek nomer rangka itu bayar nggak ya? Dan gk ada bukti bayar jg. Sepertinya pungli ya. Bgaimana cara melaporkannya klo itu pungli. tks

    • tidak ada biaya selain biaya yang tertera di STNK yah mas, tapi biasanya yang sering menemukan juga temen temen yang memang sukarela ngasih ke petugas nya. sukarela yah bukan dipinta bayar.

  68. Mas, mau tanya…
    Kendaraan saya masih atas nama orang lain, tapi saya masih diizinkan oleh keluarga penjual untuk meminjam KTP orang tersebut.
    Kebetulan orang yg tertera di STNK dan BPKB tersebut baru saja meninggal dunia. Apakah KTP orang yg sdh meninggal dunia itu tetap dapat saya pergunakan?

    Mohon pencerahannya…trims mas

    • Setau saya tetap masih bisa mba, tapi sebaiknnya lebih aman di balik nama langsung aja mba, biaya nya juga nga terlalu mahal ko.

  69. Halo Admin, mau tanya utk penggantian nomor plat ganjil jadi genap (mobil saya keduanya no ganjil) berapa biayanya? Samsat mana saja yg melayani dan apakah sabtu buka?
    Terima kasih

    • Halo mas, waduh kebetulan belum pernah dapet masalah seperti ini mas, mohon maaf tidak bisa menjawab, jika sudah mendapat info perihal pertanyaan mas ini bisa info ke saya mas, untuk saya update di tulisan ini, terima kasih.

    • Kalo disekolahkannya di leasing atau bank bisa minta fotocopy an dan surat keterangnnya dari leasing atau bank tersebut, tapi kalo ke perorangan sepertinya tidak bisa.

  70. Mas saya mau nanya,, sy punya motor beat kluaraan th 2012, sy mau prpanjangan pajak n ganti plat, v sy udah tlat byar samsat,seharusnya tgl 10-4-2017, nah skrg udah 25-07-2018 Kira2 biayanya brapa iya mas yg hrus di bayar.

    • Kalo disekolahkannya di leasing atau bank bisa minta fotocopy an dan surat keterangnnya dari leasing atau bank tersebut, tapi kalo ke perorangan sepertinya tidak bisa.

  71. Mas, saya mau memperpanjang STNK & ganti plat. 2 tahun yang lalu saya pindah alamat rumah dari kota Amuntai ke kota Marabahan. Otomatis alamat KTP yang baru berbeda dengan yang di STNK & BPKB. Apakah itu tidak menjadi masalah di Samsat nanti?

    • Halo jelas ini tidak bisa diperpanjang yah, harus pindah alamat terlebih dahulu, proses nya mudah ko pergantiaan alamat, hampir sama seperti pergantian nama/balik nama.

  72. Mas, kalau kita pindah alamat, otomatis KTP kita yang baru beda dengan di STNK & BPKB. Apakah itu tidak jadi masalah urusannya di Samsat nanti?

    • Harus pindah alamat terlebih dahulu, proses nya mudah ko pergantiaan alamat, hampir sama seperti pergantian nama/balik nama.

  73. Mas kalau bpkb disekolahin dan bpkb bukan atas nama sendiri gmn her 5 tahun nan nya? Ex: beli motor second dengan ktedit

    • Minta fotocopy BPKB nya aja mas ditempat yang mas sekolahkan BPKB nya sekaligus minta surat keterangannya, yang penting BPKB dan STNK serta KTP ada walau bukan atas nama sendiri bisa diperpanjang mas.

  74. Mas mau nanya maaf melenceng
    Kalau ditilang polisi krna plat mati sama pajak telat 5 tahun disuruh sidang
    Pas sidang nya kira2 bayar brpa
    Terus biaya ganti plat sama balik nama brpa mas
    Terimkasih

    • Biaya tilang untuk denda pajak telat kurang tau saya mas, untuk biaya balik nama bisa ditanyakan langsung ke samsat mas karena masing masing motor berbeda beda, contoh motor saya Honda beat biaya balik nama dan pajak satu tahun kurang lebih sekitar 500 an saja.

  75. Pak kalau STNK dan BPKB nya tidak sesuai dengan KTP gimana urusannya? Karena saya beli mobil dari tangan ke sekian jadi gak dapat KTP pemilik aslinya. Mohon penjelasannya

  76. Halo mas saya mau tanya, saya beli motor baru di bali, sudah dpt stnk dan plat nomor, tp blm dpt bpkb. Saya pengen bawa balik ke bekasi karna saya sudah mau balik ke bekasi, kira2 apa yg harus saya lakukan ya? Harus mutasi kah? Tapi bpkb asli blm jadi mas.

    Fyi, saya baru bayar dp dan cicilan bulan pertama aja mas, mohon pencerahannya, trims

  77. Mas, adek saya punya motor, telat bayar pajak 8 th, nah ktp dia udah ganti alamat, sedangkan ktp lamanya udah gak ada lagi, tp masih sama2 di jkt (ktp lama waktu bujangan, ktp baru setelah nikah, dan alamatnya sudah beda)
    Apa jatohnya jadi mutasi/bbn?
    Apa harus check fisik?
    Kalo dibawa ke samsat dengan plat lama, kena tilang gak yah dijalan?
    Mohon secepatnya dibales…

    • Halo mohon maaf baru bisa bales komen nya, itu sudah pasti di gesek dan check fisik yah, langsung ganti alamat itu bisa sekalian dengan perpanjangannya. dibawa ke samsat aman aja selagi memang benar mau perpanjang motor nya yah, mungkin bisa sekalian dibawa berkas berkas nya, jadi kalo ke tilang bisa ditunjukan berkas berkas nya untuk perpanjangannya.

  78. pak saya mau bertanya, motor saya ini sudah 4 tahun tidak pakai plat asli dari Samsat karna kata Diler motornya data saya pembelian motor itu tidak ada, jadi kalau saya nanti mau perpanjang STNK dan ganti plat motor apa plat motor yg pertama di minta pak ??

    • problem seperti ini belum pernah saya ketemukan se, tapi yang pasti di bawa selengkap lengkapnya untuk semua persyaratannya yah. Atau bisa juga di tanyakan ke pihak samsat langsung.

  79. mau tanya, kalau asal motor saya jakarta utara. dan tahun lalu saya balik nama ke jakarta timur, dan kebetulan bulan ini jadwalnya ganti plat. saya ke Samsat Jakrta Utara atau ke jkrta Timur ya. terima kasih untuk jawabnnya,,,

  80. Mau tanya mas..biasa kalo motor Mio mati pajak 2 tahun & bulan ini harus ganti plat..biasa nya biaya nya berapa ya mas…

    Makasih.

    • Halo untuk detail biaya nya bisa di cek langsung di STNK yah, tertera untuk nominal denda nya juga, tapi saran saya sebaiknya bawa uang lebih agar tidak bulak balik nantinya.

  81. Mas Fahmi,untuk perpanjangan STNK bisanya 1 bulan sebelom bulan jatuh tempo,misal abisnya bulan Agustus,mau d bayar bulan Juli sudah bisa tp klo bulan Juni tidak bisa,Krn saya tanya langsung k Samsat ya..terima kasih,semoga bisa membantu mas

  82. Mau tanya mas,ini saya rencana mau bayar pajak sntk 5 tahunan dan ganti plat nomor,yg mau saya tanyakan,pakai KK asli atas nama d STNK bisa tidak?klo surat2 yg lain lengkap.terima kasih

    • Halo mas iqbal bisa mas justru memang harus bawa kk aslinya, tapi nanti saran saya di fotocopy saja mas kk nya. Jangan lupa persyaratnnya semua di lengkapin mas.

  83. Mas, motor saya mau ganti plat, motor saya tangan kedua,dan bpkb dilesingkan.
    Apa bisa balik nama tanpa bpkb asli(melainkan srt kterangan dari lesing saja), soalnya ktp pemilik pertama gak ada?

    • Bisa tapi semua berkas” harus sesuai dengan atas nama STNK nya yah, jika tidak sesuai saya saranin sebaiknnya di balik nama saja.

    • Halo mas silahkan datang langsung ke samsat dengan membawa semua persyaratnnya yah. urus untuk keterlambatannya dahulu baru perpanjang motor nya.

Leave a Comment