5 Bisnis Rumahan Syariah Bagi Pengusaha Muslim

Bisnis Rumahan – Sebagai muslim yang baik, persoalan bisnis juga mesti dipikirkan. Sebab, setiap usaha yang dilakukan di dunia tentu akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak oleh Allah SWT.

Bisnis rumahan syariah bukan hanya menyangkut keluaran produk, tetapi juga bagaimana sistim jual beli barang atau jasa itu diberlakukan. Semuanya memang berkaitan erat dengan hukum halal dan haram ketika berjualan, sehingga sisi tersebut pantas untuk ditinjau lebih dalam.

Berjualan menggunakan sistim syariah memang menguntungkan seluruh pihak, tidak memandang etnik, ras, suku, bahkan agama tertentu. Akan tetapi, ketika sistim kinerjanya benar-benar diperhatikan serta berlandaskan islam, maka si penjual dan si pembeli bakal kecipratan berkah serta untungnya.

Selain itu, perkembangan pengusaha muslim yang mendalami bisnis rumahan juga kian pesat. Mereka memiliki visi dan misi yang sama, yakni menebarkan kebaikan dalam aktivitas jual beli.

Berikut bisnis rumahan syariah yang bisa diterapkan di usia muda:

  1. Membuka les memasak

Les memasak bisa dibuka oleh siapa saja, termasuk pengusaha muslim sekali pun. Hobi yang satu ini memang sedang booming dan digemari banyak orang. Alih-alih mendapatkan laba dari usaha jasa yang digeluti, di waktu yang sama mereka juga bisa menebarkan ilmu pada para muridnya.

Dalam sistim les memasak memang tidak terlalu banyak mudharat yang diperoleh. Asalkan peserta tidak hanya satu orang apalagi lawan jenis, tetapi bisa beramai-ramai dan sistim belajar mampu berjalan kondusif serta profesional.

  1. Berjualan tabung gas

Cukup berjualan gas elpiji saja seseorang bisa mendapatkan banyak pemasukan. Hal ini karena keuntungan yang diperole memang tidak terlalu besar, tetapi karena kebutuhan gas sifatnya kontinyu, maka pembeli selalu berbondong-bondong membelinya.

Sempat berulang kali pedagang gas elpiji kehabisan stok karena permintaan yang besar tetapi persediaan terbatas. Akhirnya, saat harga naik, maka penjual juga bisa ikut menaikkan harga.

Dalam hukum islam, hal semacam ini tetap diperbolehkan selama wajar dan tidak berniat mengurangi isi gas demi memperoleh keuntungan melimpah.

  1. Bisnis Mukena dan gamis

Salah satu cara berdakwah sekaligus berjualan yang dilakukan oleh pengusaha muslim adalah berbisni mukena dan gamis. Mukena yang syari biasanya berbahan tebal, tidak menerawang, dan mampu menutupi seluruh tubuh sekaligus tidak mencolok sehingga membuat mata tertuju padanya.

Begitu pula dengan gamis, yang panjang lengannya hingga sampai ke pergelangan tangan ditambah oleh hijab syari, maka kombinasi tersebutlah yang biasa dicari oleh muslimah saat ini.

  1. Properti syariah

Di samping menjamurnya bisnis properti dan jual beli rumah sistim kredit yang mengharuskan pembeli membayar cicilan disertai bunga, maka bisnis rumahan jenis keempat ini datang sebagai angin segar.

Kalau ditinjau lebih dalam, sistim kredit dengan cicilan bunga memang sangat membahayakan bagi semua orang, bukan hanya muslim saja. Sebab, bunga itu kalau dijumlahkan secara menyeluruh maka terbilang banyak. Bagi mereka yang hanya berpikir bahwa uang selalu memudahkan, tetapi melepaskan hukum syari akan biasa saja, sedangkan untuk mereka yang senantiasa ingin hidup lebih baik, riba harus diminimalisasi bahkan dilepaskan sedini mungkin.

  1. Membuka toko grosir

Toko grosir mewajibkan pendirinya memiliki modal yang banyak dan jumlahnya tidak main-main. Akan tetapi, kalau Anda serius menekuni bidang ini maka keuntungan atau penghasilan yang diperoleh juga banyak dalam satu tahun. Satu bulan saja omsetnya bisa melebihi gaji pekerja kantoran.

Toko grosir banyak jenisnya, tetapi Anda bisa menjual kebutuhan rumah tangga seperti sembako dan kebutuhan yang diperlukan masayarakat sehari-hari.

Pencarian Terbaru:

  • bisnis islami yang menguntungkan
  • usaha muslim
  • bisnis muslim
  • bisnis produk islam
  • referensi usaha yg syariah
  • usaha banklink menurut syariat islam

Praktisi SEO, Blogger Indonesia sejak tahun 2015 dan baru di akhir tahun 2016 memulai Internet Marketing.

Leave a Comment