Memahami Fungsi Colocation Server

Dunia teknologi informasi erat kaitannya dengan data dan pengelolaannya. Dalam sebuah perusahaan yang sudah menerapkan IT, maka ia memerlukan suatu fasilitas untuk mengelola data tersebut. Dalam dunia IT, perangkat atau fasilitas penyimpan dan pengelola data disebut dengan server. Secara sederhana dapat dibayangkan dengan komputer tempat Anda menyimpan file dan dokumen pribadi. Hanya saja, server bekerja pada lingkup yang lebih besar. Tentu dengan jumlah data yang jauh lebih besar pula. Mungkin mencapai beberapa tera byte. Inilah mengapa server membutuhkan perangkat yang sangat mumpuni untuk mendukung performa terbaiknya. Termasuk juga infrastrukturnya seperti ketersediaan listrik dan fasilitas pendingin. Semuanya membutuhkan dana yang amat besar dan tidak mungkin semuanya dipenuhi terutama bagi perusahaan yang masih kecil. Dalam hal ini, colocation server dapat menjadi solusinya.

Untuk mengelola server perusahaan diperlukan tidak hanya perangkat tapi juga infrastruktur yang terbaik, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Infrastruktur tersebut misalnya adalah ketersediaan listrik yang harus selalu ada dan stabil. Listrik tidak boleh naik turun bahkan mati karena server harus selalu hidup dan dalam keadaan yang stabil. Selain itu, ada fasilitas pendingin yang harus tersedia karena server bekerja terus dan komponennya dapat menjadi semakin panas dan mengganggu performanya. Tentu, untuk mengadakan infrastruktur tersebut memerlukan biaya yang tinggi. Maka, colocation server menawarkan solusi untuk hal ini. Colocation server adalah suatu konsep di mana Anda menitipkan server pada suatu fasilitas data center yang khusus untuk menempatkan server. Dalam hal ini ia berfungsi untuk menekan biaya investasi yang harus Anda keluarkan untuk pengadaan fasilitas pendukung server Anda.

Colocation server sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan kecil yang sudah membutuhkan sebuah server handal dalam operasionalnya. Perusahaan tidak perlu keluar banyak dana untuk membangun fasilitas demi sebuah server. Perusahaan hanya perlu menitipkan server dan meminjam fasilitas yang ada di data center. Dengan dana yang lebih kecil, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang sama. Sehingga, dana yang dimiliki dapat digunakan untuk pengembangan bisnis yang lebih luas.

Di Indonesia anda bisa mencoba collocation server dari NEX datacenter Jakarta. Penyedia layanan pusat data ini sudah di percaya oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, sehingga anda tidak perlu kwatir dengan kualitas dan sumber daya yang dimiliki oleh NEX.  Perusahaan data center ini merupakan salah satu layanan dari PT CBN nusantara yang telah berpengalaman sebagai ISP untuk corporate dan berbagai layanan digital di era modern. Data center NEX berada di kawasan perkantoran Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan. Tepatnya di Cyber Tower dengan struktur bangunan yang kuat dan aman untuk penempatan server-server perusahaan.

Praktisi SEO, Blogger Indonesia sejak tahun 2015 dan baru di akhir tahun 2016 memulai Internet Marketing.

Leave a Comment