7 Bisnis Online yang Wajib Anda Coba Untuk Menambah Penghasilan

Bisnis telah menjadi hal yang banyak digandrungi masyarakat sekarang ini, apalagi oleh para milennial yang menginginkan sebuah akselerasi dalam keuangan mereka. Sehingga mereka berlomba-lomba untuk menjalani bisnis yang sesuai dengan kehendak dan keinginan masing-masing.

Kebanyakan para melenial ini ketika ditanya akan menjawab bahwa mereka menjalankan bisnis karena sesuai dengan passion mereka. Katanya

Tetapi tidak dapat dipungkiri memang kebanyakan anak muda  banyak yang sudah masuk kedalam bisnis dan melakukan  beberapa gebrakan yang lumayan besar didunia perbisnisan. Apalagi sekarang telah banyak orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis online.

Apa itu bisnis online?

bisnis online
Gambar : pexels.om

Tentunya kita paham bahwa sekarang ini dunia digital atau dunia online sudah merambah keseluruh aspek kehidupan kita. Salah satu peluang dalam online atau keuntungan yang bisa didapatkan dari dunia online dapat kita rasakan jika memilih bisnis online terpercaya.

Bisnis online sendiri adalah sebuah peluang usaha yang bisa kita dapatkan dari sebuah platform digital membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Jenis bisnis ini rasanya sekarang ini sudah banyak sekali yang melakukannya seiiring dengan mudahnya koneksi internet yang didapatkan sehingga tentu tidak asing bagi kita untuk melakukan bisnis online ini.

Jika Anda belum begitu paham dengan bisnis online maka Anda bisa mempelajari jenis-jenis bisnis online yang bisa dijalankan dengan mudah tanpa menggunakan banyak modal yang harus dikeluarkan.

Jenis dari bisnis online sangat banyak, jika Anda baru ingin memulainya Anda bisa menggunkan alternative berikut ini untuk menjalankan bisnis online.

1. Reseller atau Dropship

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah menjadi Reseller atau Dropship, tentunya kata “Reseller” dan “Dropship” sudah tidak asing lagi ketika mendengarknya karena sekarang ini semua segi bisnis baik online maupun offline sudah menerapkan sistem Reseller maupun Dropship ini.

Dengan kedua sistem ini bahkan Anda  nyaris tidak memerlukan modal untuk melakukan bisnis ini. Biasanya para orang yang melakukan sistem Reseller dan Dropship ini benar-benar memulai bisnis dari nol.

Lalu apa yang membedakan keduanya?

Reseller adalah menjual kembali barang yang sudah dibeli dari suplier kepada customer atau dengan bahasa lain Reseller adalah distributor dengan skala kecil yang menjual barang dari suplier.

Biasanya para Reseller ini akan menawarkan sejumlah barang kepada customer dengan menggunakan foto product dari suplier. Setelah Reseller ini membeli barang dari suplier maka para Reseller akan menjual kembali dengan harga yang sudah ditetapkan ataupun mengambil keuntungan sendiri.

Lalu apa bedanya dengan Dropship?

Sebenarnya dilihat dari caranya hampir sama dengan Reseller, tetapi biasanya jika Dropship yang menjalankan dengan cara mengirimkan barang yang sudah deal langsung dari suplier.

Intinya jika jika Reseller barang dari suplier ke Reseller baru ke customer, sedangkan Dropship barang dikirim dari suplier ke customer dengan menggunakan nama pengirim Reseller tersebut.

Jika Anda  ingin menerapkan bisnis Reseller dan Dropshiper ini tentunya harus mencari suplier yang dapat dipercaya dan juga memiliki kualitas yang tidak diragunakan lagi.

Selain itu sebelumnya Anda  harus menentukan barang apa yang ingin Anda jual dan juga target market dari jualan Anda .

Misalkan jika ibu-ibu maka biasanya temannya banyak yang ibu-ibu yang suka makan dan fashion sehingga bisa dibilang target market yang tepat bagi ibu-ibu adalah makanan dan juga pakaian sehingga akan lebih terarahkan bisnis Reseller dan Dropship ini.

Untuk memulai Reseller dan Dropship sangat mudah , untuk Anda  yang ingin memulai bisnis online sistem ini sangat tepat bagi Anda .

2. Affiliate Marketing

Jika Anda  ingin memulai bisnis online maka affiliasi ini sangat cocok untuk Anda  karena dengan sistem ini Anda hanya menawarkan product kemudian jika terjadi penjualan maka Anda akan mendapatkan beberapa persen komisi dari hasil penjualan tersebut.

Bisa saja komisi ini 50% : 50% tergantung dengan ketentuan dari pihak Merchant dari product tersebut.

Affiliasi ini bisa dikatakan juga sebagai iklan dari product sehingga pengiklan akan dibayar. biasanya product yang menggunakan sistem affiliasi ini adalah product digital yang dapat langsung dipromosikan link ordernya. Bisnis affiliasi ini bisa menjadi bisnis online terbaik yang bisa Anda coba.

Merhant yang terkenal yang dapat Anda coba gabung untuk menjadi affiliate marketing salah satunya adalah amazon, clicbank, dan juga sharesale.

3. PPC (Pay Per Click)

Jika Anda sudah mengenal website tentunya sistem PPC tidak asing lagi karena sistem ini biasanya digunakan dalam website. Dengan menaruh sebuah iklan pada website Anda akan dibayar, ketika ada orang yang mengeklik iklan yang Anda pasang tersebut. Biasanya komisi yang tawarkan bisa sekitar $0,01 sampai dengan $20 sekali klik.

Sekarang ini sudah banyak orang yang melakukan sistem PPC di Internet karena caranya sangat mudah dan hanya perlu menunggu orang yang mengeklik iklan tersebut.

Broker dari PPC yang terkenal sudah banyak sekali salah satunya adalah Google adsense, AdEngage, AdToll, EXOclit. ppcindo, kumpulblogger dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ini tentunya bisa menjadi rekomendasi bisnis online yang bisa Anda coba.

bisnis online
Gambar : pexels.om

4. Toko online

Jika Anda tertarik dengan bisnis online Anda bisa menggunakan toko online untuk mengembangkan bisnis Anda .

Apalagi jika Anda sebelumnya telah memiliki toko offline maka toko online ini akan cocok bagi Anda yang ingin “go digital”.

Misalkan Anda sudah memiliki bisnis baju yang ada di salah satu pusat perbelanjaan, ketika Anda ingin melakukan ekspansi ke dunia online maka hal yang paling mudah dan paling mendasar adalah membuat toko online.

Toko online ini nantinya akan menjadi sebuah katalog bagi toko Anda yang akan ditawarkan dan dapat diihat oleh pembeli yang ingin membeli atau tertarik dengan jualan Anda .

Toko online merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan jika Anda dapat menggunakannya untuk menawarkan barang-barang jualan Anda .

5. List building

Pernahkah Anda mengunjungi website kemudian Anda disuruh untuk memasukan identitas ataupun alamat email?

Itu merupakan salah satu bisnis online yang dijalankan yang tujuannya untuk mendapatkan daftar email aktif yang selanjutknya akan digunakan untuk sarana promosi bisnis dari sebuah perusahaan.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah, dengan cara menyediakan sebuah konten yang menarik pada website atau Anda bisa menawarkan sebuah ebook dengan persyaratannya harus memberikan email aktif.

Semakin banyak orang yang memberikan list maka Anda dapat memanfaatkan list tadi untuk memporomosikan bisnis lainnya.

6. Pay per review

Untuk Anda yang hobby menulis Anda bisa menyalurkan hobby Anda untuk menghasilkan uang, dengan cara memberikan sebuah review Anda akan dibayar. Metode ini bisa Anda lakukan dnegan mendaftar di sebuah penerbitan blog atau website. penawaran ini biasanya sampai skala internasional.

Pemasang iklan  atau broker dari menggunakan PTR adalah SponsoredReviews, smorty, buyblogreviews, linkworth, blogvertise dan lain lain. Jadi silahkan menyalurkan hobby menulis Anda untuk mendapatkan uang. Karena hobby yang dibayar adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

7. Penjual di e-commerse

Sekarang ini e-commerse telah menjadi sebuah gaya hidup bahkan sudah mulai menggeser pada perusahaan besar yang bergerak dalam sector online.

Bahkan e-commerse ini dalam beberapa tahun kedepan akan menggusur mall konvensional perlahan-lahan sehingga bisa dipastikan bahwa e- comerse atau marketplace ini akan menjadi masa depan kita semua karena kemudahan-kemudahan yang ditawarkan.

Anda juga dapat menjadi bagian dari marketplace- marketplace ini karena dengan menjadi penjual Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan. Sudah banyak e-commerse di Indonesia yang bisa Anda gunakan seperti Buka Lapak, Tokopedia, Lazada,Shopee dan lainnya.

Anda hanya perlu membuat akun pada akun marketplace kemudian aploud product yang ingin Anda jual kemudian hanya tinggal menunggu orang yang ingin membeli product Anda .

Hal ini sangat mudah dilakukan karena kita sudah disediakan sebuah platform yang dapat memmbantu dalam berjualan online tanpa perlu membayar pendaftaran maupun potongan pada saat kita menjual barang.

Menjalankan bisnis online memang menyenangkan karena banyak sekali cara bisnis online yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tetapi kita juga harus ingat bahwa segala yang kita lakukan pasti kita melakukan spekulasi sehingga pasti ada resiko yang harus diterima.

Tetapi dengan melakukan bisnis online setidaknya resiko yang kita dapatkan tidak sebesar jika kita melakukan bisnis konvensional sehingga bisnis online masih akan menjadi primadona bagi mereka yang ingin membuka bisnis maupun mencari peluang bisnis online.

Bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis online harus mempunyai jiwa yang tekun dan juga optimis. Selain itu konsisten adalah kunci dalam melakukan bisnis online. Jadi untuk Anda yang ingin mencoba bisnis online ada baiknya Anda menentukan dulu jenis bisnis online apa yang ingin Anda geluti. Dan tidak lupa mencari mentor yang tepat agar bisnis tumbuh dengan pesat.

Leave a Comment