Pesona Wisata Pulau Lombok Yang Tengah di Sorot Dunia

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dikenal sebagai provinsi seribu masjid ini berpotensi menjadi ‘Bali Baru’, dan tengah disorot dunia karena sejumlah proyek besar akan dibangun di provinsi tersebut. Salah satunya yaitu kawasan Mandalika yang terpilih menjadi tuan rumah acara berskala besar MotoGP 2021, bahkan di lahan yang sama juga ada wacana akan digelar ajang Formula One World (F1) pada 2024 mendatang.

Dukungan pemerintah guna berhasilnya acara tersebut sangat besar, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas ke sana. Pergerakan pembangunan untuk memajukan pariwisata Lombok pun terus digenjot, membuat para investor real estate mulai tertarik untuk ikut terlibat dalam perkembangan yang ada, karena ditaksir pasar real estate akan segera meledak/melambung. Terlebih lagi, banyak lahan yang belum tersentuh.

Mandalika yang telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tengah serius dikembangkan menjadi destinasi wisata internasional. Hotel-hotel berbintang pun tengah dibangun.

Di sisi lain, Pulau Lombok menyimpan banyak pesona wisata nan menarik. Banyaknya tempat wisata yang belum tersentuh membuat daerah ini dijuluki sebagai “Bali yang masih alami”.

Berikut adalah 4 contoh tempat yang sayang untuk Anda lewatkan apabila berkunjung ke Lombok.

1. Taman Narmada

Taman Narmada

Replika spiritual Gunung Rinjani di Taman Narmada dengan luas sekitar 2 hektar dibangun tahun 1927 oleh Raja Mataram Lombok, anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap bulan purnama kelima tahun Caka.

Hingga saat ini, wisata kota taman narmada Lombok menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, terutama pada akhir pekan. Selain keindahan tamannya, kita juga berkesempatan untuk berwisata sejarah di tempat ini.

2. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko

Menerjang ombak di desert point pantai Bangko-Bangko, sekitar 70 kilometer dari Mataram, semenanjung Sekotong, barat daya Lombok. Bagi para peselancar tempat ini adalah surga rahasia, lantaran pantainya yang indah dan lokasinya cukup terpencil sehingga sulit untuk diakses.

Ombak sepanjang 300 meter dengan ketinggian mencapai 3 meter membuat para penantang gelombang bisa bermanuver sepuasnya di air. Menurut salah satu majalah selancar dunia, Bangko-Bangko adalah salah satu spot surfing terbaik sejagat.

3. Girlie dan Pinkie Pantai Pink

Girlie dan Pinkie Pantai Pink

Pantai Pink merupakan pantai dengan pasir putih yang berwarna kemerah-merahan karena perpaduan antara warna putih dengan warna merah sehingga pasir di pantai Pink mirip dengan warna merah muda (Pink), sebab itulah pantai ini dinamakan pantai Pink. Pantai Pink berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, berjarak 85,7 km dari Ibu Kota Propinsi atau sekitar 2 jam 14 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Ada beberapa alasan wisatawan memilih pantai Pink sebagai tempat wisata bahari di pulau Lombok. Bukan hanya pasir berwarna merah Pink yang memikat, tapi pemandangan alam dan keindahan bawah lautnya sangat menawan.

4. Teluk Belongas

Teluk Belongas

Uji nyali diving bersama hiu di Teluk Belongas. Meski sarana untuk menuju ke teluk ini belum terlalu bagus, tetapi tempat ini menawarkan pengalaman luar biasa yaitu sensasi menyelam bersama hiu di Magnet point, sebuah titik penyelaman dilepas pantai Belongas.

Pantai Pink di teluk ini sangat panjang berbentuk melengkung, serta memiliki pasir putih yang indah. Tidak perlu ditanya lagi, karena pantai ini masih sangat alami dengan keindahan bawah lautnya.

Tentu masih banyak tempat yang belum terjamah di Lombok dan pantas untuk melengkapi itinerary Anda saat liburan tiba. Dengan situasinya yang masih alami, Lombok dapat menjadi tempat pelarian Anda dari keadaan kota yang sibuk dan bising.

tiaro hana promo
credit image: tiarahana.com

Leave a Comment